Senin, April 15, 2024

Wasiat Rizal Ramli dan HUT Malari

Indonesiadaily.net, Jakarta – Kawan mendiang Rizal Ramli semasa pergerakan mahasiswa tahun 1970-an, Setya Dharma Pelawi ungkap wasiat ekonom senior kepada Malari Hariman Siregar untuk mengobarkan semangat asa perubahan Capres RI Anies Rasyid Baswedan.

Setya sendiri menuturkan perjalanan sejarah pergerakan mahasiswa di era tahun 70an, sejak awal menjadi mahasiswa Universitas Padjajaran (UNPAD) sudah mengenal Rizal Ramli.

“Kebetulan saya satu gerbong dalam gerakan mahasiswa yang pada saat itu Bang RR (Sapaan karib Rizal Ramli) masih mahasiswa di ITB (Institut Teknologi Bandung),” kata Setya, Senin (15/1/2024).

Saat kepergian aktivis yang konsisten dan idealis dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara Indonesia pun membawa duka mendalam bagi Setya.

Baca Juga  Sambangi Markas PPP, Puan Maharani Ungkap 3 Poin Kesepakatan

Namun, sebelum meninggal, Setya mengungkapkan, Bang RR berwasiat kepada seniornya, tokoh Malari Hariman Siregar untuk mengobarkan semangat asa perubahan Capres RI Anies Rasyid Baswedan.

“Saya sendiri punya cerita tentang Bang RR dan pernah bercerita langsung dengan teman-teman di Kaukus 89,”  tutur Setya.

Saat itu, lanjut Sayta, sedang ramai-ramainya soal capres – cawapres, ia bersama kawan-kawannya dari atas, bawah, kiri dan kanan semua mendukung Anies Rasyid Baswedan.

“Kemudian, saya datang dan bertemu kemudian berdiskusi dengan Bang RR. Pada dasarnya, Bang RR mau ngobrol tentang Anies. Anies lah yang terbaik untuk berjuang, dia belum pernah menyakiti rakyat, dan layak loe dukung kata Bang RR dengan penuh semangat” ujar Setya mengutip perkataan Rizal Ramli yang kala itu berbincang akrab dengannya.

Baca Juga  Ini Langkah Partai Gerindra untuk 'Gaet' Pemilih Kalangan Muda

Perbincangan itu terjadi sebelum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin belum menjadi pasangan Anies Rasyid Baswedan. Singkat cerita, ada undangan dari Standarkiaa Latief, Asep Cusmin, Yuyuy, dan teman-teman yang lain.

“Pada saat itu untuk mendukung pasangan Capres – Cawapres – Anies Rasyid Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN),” terang Setya.

Di mata Setya, Rizal Ramli berkawan dekat dengan semua orang, rasa perkawanan cukup tinggi. Bahkan, banyak orang yang merasa paling dekat dengan Bang RR.

“Klaim itu pupus, ternyata Bang RR dekat dengan semua orang karena memang Bang RR itu hangat dan baik pada semua orang,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, tiap acara HUT Malari, Bang RR selalu diminta Bang Hariman Siregar berpidato mengenai kondisi demokrasi dan ekonomi Indonesia.

Baca Juga  Rizal Ramli Mengaku Berhubungan Baik dengan Pemerintah, Kritik Hanya Kebijakan yang Rugikan Masyarakat

“Para aktivis menyimak pidatonya dan apa yang disampaikan adalah kebenaran serta Indonesia dalam krisis,” ungkap Setya.

Pada HUT Malari ke 50 tahun, 15 Januari 2024, ada yang hilang dan telah meninggalkan semua orang, tetapi gagasan dan pemikiran Bang Rizal Ramli tetap ada dalam Jiwa Kita untuk melakukan perubahan

“Baru sekarang ini aku tegas untuk mendukung Capres – Cawapres, Anies – Cak Imin,” ucap Setya. (*)


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles