Senin, Juni 17, 2024

Antisipasi Penyakit Hewan Kurban, PD RPH Surabaya Juga Siapkan Jasa Ini

Indonesiadaily.net, Surabaya – Jelang Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024, Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan atau PD RPH Surabaya menerapkan pencegahan penyebaran penyakit hewan kurban. Hal ini sesuai komitmen dalam menyiapkan hewan kurban yang sehat, aman dan bebas dari penyakit.

Direktur Utama PD RPH Surabaya, Fajar Arifianto Isnugroho memastikan tiap hewan kurban yang masuk ke tempatnya terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) maupun Lumpy Skin Disease (LSD), setelah itu hewan kurban akan mendapat Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Jadi sejak di peternakan sudah dipantau, lalu datang ke sini (RPH) ada SOP untuk memastikan asal usul hewan dan dibuktikan SKKH. Hewan kurban tersebut juga akan ditimbang dan diperiksa dokter hewan,” tutur Fajar, Selasa, 11 Juni 2024.

Baca Juga  Cara Turunkan Panas Pada Anak Tanpa Obat

Selain melampirkan SKKH, PD RPH juga memberikan jaminan perawatan, pemberian vitamim serta pengawasan kesehatan dari tenaga dokter hewan.

Fajar mengaku optimis ada peningkatan 20 persen untuk penjualan sapi, di mana pada 2023 hanya menjual 71 ekor.

“Di tahun ini kami optimis (penjualan) bisa meningkat menjadi 100 ekor atau sekitar 20 persen dari tahun lalu,” ujar Fajar.

Selain menyediakan hewan kurban, PD RPH Surabaya juga menyiapkan jasa potong, pengemasan hingga pendistribusian dengan melibatkan masyarakat sekitar.

“Untuk kemas-kirim ada 10 tim, yang di masing-masing tim terdiri dari 10 orang. Untuk pemotongan juga ada 10 tim, setiap tim beranggotakan 8 orang. Total kurang lebih 180 orang yang keseluruhannya berasal dari masyarakat sekitar,” ucap Fajar.

Baca Juga  BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Landa Jakarta dan Sekitarnya Hingga Awal Februari

Kontributor: Fino
Editor : Ulfah


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles