Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Ekonomi Nasional, Rizal Ramli Tutup Usia

Indonesiadaily.net – Salah satu tokoh ekonomi Indonesia, Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Melansir dari situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954.

Dia merupakan mantan aktivis mahasiswa yang menjadi pakar ekonomi.
Rizal Ramli merintis jalan hidup dengan susah payah. Sebagai anak yatim-piatu, ia mesti membiayai sendiri kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tekanan hidup itu justru mendekatkan dirinya dengan problematika masyarakat.
Pada 1978, ia ikut dalam gerakan menentang pemilihan kembali Soeharto sebagai presiden. Kejadian itu memberinya ruang di sel selama 18 bulan. Lepas dari penjara, Rizal Ramli banyak meniti pendidikan di luar negeri.

Baca Juga  Rizal Ramli: Memimpin dengan Hati, Pikiran dan Tindakan

Ia memperoleh gelar doktor dari Boston University dan sejurus kemudian memutuskan pulang ke tanah air.
Di Indonesia, Rizal mendirikan Econit (1992). Sebuah lembaga pengkajian ekonomi. Dari Econit inilah, Rizal menuai reputasinya. Ia banyak mengkritisi kebijakan pemerintah yang dirasakan tidak fair bagi masyarakat.

Namanya mulai familiar setelah dia menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) periode 2000-2001. Di tahun yang sama Rizal juga menjabat Menko Ekonomi, Keuangan dan Industri.
Di era pemerintahan Presiden Jokowi, Rizal Ramli dipercaya menjabat sebagai Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia pada 2015 hingga 2016. Rizal Ramli dikenal sangat kritis saat menjadi Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia. Ucapan yang terkenal adalah ‘rajawali ngepret’ atau Raja Ngepret.(*)

Baca Juga  Rizal Ramli Beberkan Syarat Kunci Jadi Presiden

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles