Senin, April 15, 2024

Sejumlah Nama Makanan Lezat Ini Berasal dari Singkatan, Sudah Tahu?

 

Indonesiadaily.net -Setiap daerah yang ada di Indonesia selalu memiliki kuliner khas daerahnya masing-masing. Selain itu, hal yang menjadikan kuliner Indonesia semakin khas adalah penamaannya yang tidak kalah unik dan mudah diingat. Tak jarang banyak ditemukan nama makanan di Indonesia yang diambil dari singkatan. Lantas, apa saja nama makanan Indonesia yang berasal dari singkatan? Berikut sejumlah makanan namanya yang berasal dari singkatan.

1. Kue Putu

Kue putu merupakan kuliner khas tradisional yang bahan dasarnya berasal dari tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah. Sehingga rasanya manis dan mengenyangkan. Ternyata nama kue putu ternyata berasal dari singkatan, yakni putu yang berarti “Pencari Uang Tenaga Uap”. Penamaan tersebut diambil dari kebiasaan penjualnya, yang mana mereka mengolah kue putu dengan cara mengukusnya di atas uap atau uap panas.

2. Perkedel

Perkedel merupakan salah satu jenis lauk pauk yang populer di Indonesia karena selain enak dan mengenyangkan, pembuatan perkedel juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan kentang dan telur sebagai bahan dasarnya, kemudian bumbu untuk menambahkan cita rasanya agar lebih nikmat.
Selain pengolahannya yang mudah, nama perkedel juga unik di telinga masyarakat. Hal ini karena nama perkedel ternyata merupakan singkatan dan memiliki kepanjangan dari “Persatuan Kentang dan Telur” yang merujuk pada bahan dasar dari pembuatan perkedel itu sendiri.

Baca Juga  Keren, Tiga Kue Tradisional Indonesia Masuk Daftar Kue Terbaik di Asia

3. Es Doger

Salah satu es yang paling mudah ditemukan, terutama di pasar dan jalanan umum adalah es doger. Es doger sendiri merupakan kepanjangan dari “Es Dorong Gerobak”, yang mana es tersebut dijajakan menggunakan gerobak oleh penjualnya.

Adapun isian dari es doger, meliputi es dan susu yang ditambah dengan tapai, ketan hitam, alpukat, pacar cina, serta sirup. Terkadang ada juga beberapa es doger yang ditambahkan dengan potongan roti berbentuk dadu dan taburan kacang.

4. Ketoprak

Makanan selanjutnya yang namanya berasal dari singkatan adalah ketoprak. Ketoprak merupakan kepanjangan dari “Ketupat Taoge Digeprak”. Meskipun demikian, bahan dasar dari ketoprak bukan hanya ketupat dan taoge saja. Tetapi, juga ada bihun, tahu, telur, dan siraman bumbu kacang.

Baca Juga  Kuliner Tersembunyi Sumatera Barat yang Belum Diketahui Banyak Orang

Sementara itu, makanan Indonesia satu ini tidak sulit untuk dicari karena ketoprak termasuk salah satu kuliner khas Indonesia yang paling eksis di jalanan umum atau kaki lima.

5. Cuanki

Cuanki merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang namanya juga berasal dari singkatan, yakni “Cari Uang Jalan Kaki”. Penamaan tersebut diambil dari kebiasaan penjualnya di zaman dahulu dalam menjajakan cuanki secara berkeliling dengan jalan kaki sambil memikul gerobaknya.

Sementara itu, ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa cuanki berasal dari kata “Choan Kie”, yang berarti “mengandung rezeki”. Hidangan ini memiliki bahan dasar ikan, daging sapi, dan tepung tapioka yang diberi kuah kaldu. Ada juga tambahan, seperti siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus di dalamnya.

6. Basreng

Basreng merupakan salah satu camilan khas Sunda yang memiliki kepanjangan “Baso Digoreng”. Camilan ini terbuat dari baso ikan yang diiris tipis-tipis, kemudian diolah dengan cara digoreng.

Baca Juga  5 Restoran Seafood Terkenal Enak di Depok, Tumpah di Atas Meja

Biasanya, basreng diberi taburan bumbu pedas yang bisa disesuaikan tingkat kepedasannya. Namun, bagi Anda yang tidak suka pedas dan ingin menikmati basreng, bisa dengan memilih bumbu selain pedas. Sebab, saat ini basreng juga menyediakan varian rasa lain seperti keju, rumput laut, dan asin.

7. Hucap

Hucap merupakan salah satu kuliner Indonesia yang berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Hidangan yang menggunakan tahu sebagai bahan dasarnya ini ternyata memiliki nama yang berasal dari singkatan.

Menurut beberapa sumber, singkatan dari nama makanan hucap adalah “Tahu Kecap”. Kendati demikian, selain tahu, hucap juga terbuat dari ketupat sebagai bahan dasarnya, yang kemudian diberi siraman saus kacang dan bawang goreng. Biasanya, hucap disajikan sebagai menu sarapan.

Sebagai informasi, tahu yang digunakan pada hucap merupakan tahu buatan Kuningan. Pemilihan tahu tersebut diyakini karena bentuknya yang lebih padat dan rasanya yang gurih.(*)

 

Editor : Nur Komalasari

 

 

 

 


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles