Jumat, Mei 31, 2024

Pemimpin Dunia Berduka Meninggalnya Ratu Elizabeth II, Zimbabwe yang Pertama dari Afrika

Indonesiadaily.net – Para pemimpin dari berbagai negara berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II di Istana Balmoral, Skotlandia.

Melansir dari The Telegraph, Jumat 9 September 2022, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan ucapan duka. Melalui Gedung Putih, Joe Biden menyampaikan duka citanya.

“Hati dan pikiran kami ditujukan kepada anggota keluarga Ratu, dan kepada orang-orang Inggris,” demikian pernyataan dari Gedung Putih.

Sementara, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengenang sosok Ratu Elizabeth II melalui cuitan di akun Twitter-nya. Macron menyebut Ratu Elizabeth II merupakan teman dari Prancis.

“Yang Mulia Ratu Elizabeth II mewujudkan kesinambungan dan persatuan bangsa Inggris selama lebih dari 70 tahun. Saya mengingatnya sebagai teman Prancis, seorang ratu baik hati yang telah meninggalkan kesan abadi di negaranya dan abadnya,” kata Macron.

Baca Juga  The Benefits of an Online Data Room

Ada juga beberapa negara lainnya yang mengucapkan duka, yakni datang dari India, Kanada, Irlandia, hingga Ukraina.

Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

“Pakistan bergabung dengan Inggris dan negara-negara Persemakmuran lainnya berduka atas kematiannya. Belasungkawa tulus saya kepada Keluarga Kerajaan, rakyat, dan pemerintah Inggris,” kata Sharif.

Zimbabwe menjadi negara Afrika pertama yang menyampaikan belasungkawanya. Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa turut mendoakan Ratu Elizabeth II.

PM Beligia Alexander De Croo juga menyampaikan duka citanya. Dia berdoa semoga Ratu Elizabeth II beristirahat dalam damai.

“Semoga HRH Ratu Elizabeth II Beristirahat Dalam Damai. Selama lebih dari 70 tahun, dia adalah mercusuar stabilitas dan martabat bagi rakyat Inggris,” kata De Croo.

Baca Juga  DPRD Kabupaten Bogor Nantikan Kemendagri Sahkan Revisi Perbup untuk Cairkan program Samisade

Keluarga kerajaan Norwegia, PM Swedia hingga PM Belanda juga menyampaikan duka citanya. PM Kanada Justin Trudeau yang sebelumnya mendoakan kesembuhan Ratu Elizabeth II, kini mengucapkan duka cita.

“Dengan berat hati kami mengetahui meninggalnya Penguasa terlama di Kanada, Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Dia selalu hadir dalam hidup kita – dan pengabdiannya kepada warga Kanada akan selamanya menjadi bagian penting dari sejarah negara kita,” turut Trudeau.

Sejumlah mantan pemimpin dunia juga menyampaikan belasungkawa mereka. Mantan Presiden AS Bill Clinton, Donald Trump, hingga Barack Obama turut berduka atas kepergian Ratu Elizabeth II. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles