Senin, April 15, 2024

5 Museum Seni di Jakarta Jadi Pilihan Berlibur di Akhir Pekan

Indonesiadaily.net – Berakhir pekan, bisa dihabiskan dengan berlibur ibu kota Jakarta. Karena, sejatinya Jakarta adalah kota yang sudah berusia ratusan tahun, dan sarat akan sejarah-sejarah yang terekam di dalam museum.

Ada beberapa pilihan destinasi wisata di Jakarta, dan salah satunya adalah museum, yang ternyata di Jakarta ada banyak pilihannya.

Berikut beberapa museum seni terbaik di Jakarta yang bisa jadi pilihan destinasi wisata di akhir pekan.

1. Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara (MACAN)

Museum pertama dalam daftar ini adalah Museum MACAN, yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Meskipun relatif baru, museum ini menarik pengunjung karena koleksi karya seni modern dan kontemporernya yang menakjubkan.

Nikmati waktu berseni sambil mengagumi seni Indonesia maupun internasional. Menarik juga untuk mengetahui bahwa museum ini adalah museum pertama di negara ini yang menyimpan seni modern dan kontemporer. Pameran berubah dari waktu ke waktu, jadi Anda disarankan untuk mengunjunginya sesering yang Anda mau—untuk melihat koleksi yang berbeda.

Baca Juga  Pilpres 2024, Zulfan : Anies Menguntungkan AS, Ganjar dan Puan ke Arah Rusia dan China

Terlebih lagi, museum mendorong dukungan dan apresiasi terhadap seni modern dan kontemporer melalui berbagai program yang dapat diakses oleh khalayak luas.

2. Museum Basoeki Abdullah

Basoeki Abdullah adalah salah satu seniman Indonesia yang paling terkenal, dan jika Anda tertarik untuk mengenal karya-karyanya, Anda harus datang ke Jakarta Selatan dan mengunjungi Museum Basoeki Abdullah.

Ada lebih dari 100 lukisan karya Abdullah di sini. Anda juga bisa menikmati koleksi pribadinya yang meliputi topeng, wayang, patung, dan senjata api, yang totalnya mencapai lebih dari 700 item.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum berikutnya yang masih berada di Jakarta Barat adalah Museum Seni Rupa dan Keramik. Dibuka untuk pertama kali untuk umum pada tahun 1976, museum ini memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak wawasan tentang kreasi seni tradisional Indonesia.

Segala jenis seni rupa dan karya keramik seperti patung, kendi dan kaligrafi dari berbagai daerah dan periode yang berbeda bisa dilihat di sini.

Baca Juga  Pamungkas Dihujat Netizen, Karena Aksi Panggungnya Tidak Senonoh

Alasan lain untuk dikunjungi adalah harga tiket masuk yang murah. Kemudian setelah berkeliling museum dan melihat semua koleksinya, Anda bisa berjalan-jalan di Lapangan Fatahillah yang terletak di dekatnya.

4. Museum Wayang

Kota Tua dipenuhi dengan beberapa museum, dan salah satu yang patut dikunjungi adalah Museum Wayang—atau Museum Wayang. Menghadap Lapangan Fatahillah, museum ini menyimpan banyak koleksi wayang, yang berasal dari berbagai daerah di nusantara dan luar negeri. Mungkin perlu beberapa saat bagi Anda untuk melihat semua boneka karena jumlahnya lebih dari 4.000.

Dari wayang kulit dan wayang karton hingga wayang kayu dan wayang rumput, semuanya bisa ditemukan di sini. Selain wayang, Anda juga bisa menemukan alat musik tradisional, boneka, dan topeng Indonesia yang dipajang. Berkunjung ke museum ini tentunya akan membantu Anda lebih memahami budaya Indonesia.

Baca Juga  Kapten yang Todongkan Senpi di Tol Jagorawi Akan Diserahkan ke TNI

5. Museum Seni Sulap 3D Jakarta

Perjalanan Anda ke Jakarta pasti tidak lengkap jika tidak mengunjungi kawasan Kota Tua yang juga dikenal dengan Kota Tua. Seperti Museum Nasional (Monas), Kota Tua adalah salah satu ikon Jakarta.

Saat menjelajahi gedung-gedung tua Kota Tua, pastikan untuk berkunjung ke Magic Art 3D Museum Jakarta untuk merasakan keseruan lainnya bersama orang-orang tersayang, baik itu keluarga maupun teman.

Dikutip dari situs https://hackerpro.info/, museum ini didirikan oleh perusahaan Korea dan baru dibuka pada Desember 2018, museum 3D ini telah menarik semakin banyak pengunjung. Tak heran, karena begitu masuk ke dalam, Anda akan disuguhkan banyak sekali gambar unik yang terlihat nyata karena semuanya 3D.

Museum ini terdiri dari beberapa zona, dengan yang paling populer adalah Zona Horor, Zona Petualangan, dan Zona Dinosaurus. Kagumi ilusi 3D—dan pastikan untuk membawa kamera. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles