Kamis, Juli 25, 2024

5 Gaya Hidup yang Efektif Turunkan Kolesterol

Indonesiadaily.net – Melonjaknya kolesterol, tentu akan sangat berdampak pada kesehatan, seperti stroke dan serangan jantung. Hal itu karena kolesterol bergabung dengan zat lain dalam darah dan menumpuk di dinding arteri. 

Penumpukan ini dapat mempersempit dan menyumbat arteri, mengurangi aliran darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Kabar baiknya, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dan bahkan mencegah kolesterol jahat. 

Profesor kardiologi di Stritch School of Medicine di Universitas Loyola di Chicago Ivan V Pacold, MD mengatakan semua itu bergantung pada pilihan gaya hidup penting.

Jika perubahan ini tidak muncul secara langsung dalam jumlah kolesterol, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Berikut cara menurunkan kolesterol jahat dilansir dari Everyday Health, Selasa 2 Agustus 2022.

  1. Keturunan
Baca Juga  Selebgram Ditangkap Polisi Karena Promosikan Situs Judi Online

Jika memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung, kemungkinan besar Anda juga memiliki kolesterol tinggi. Meskipun relatif jarang, beberapa orang juga membawa kondisi genetik yang disebut hiperkolesterolemia familial (FH), yang menyebabkan kadar kolesterol jahat tinggi pada usia muda dan, jika tidak diobati, dapat menyebabkan serangan jantung dini. 

Dalam kasus ini, diperlukan lebih dari sekadar perubahan gaya hidup untuk menjaga agar angka kolesterol tetap terkendali. Jika Anda mengetahui bahwa secara genetik cenderung memiliki kolesterol tinggi atau sudah memiliki kolesterol tinggi meskipun telah melakukan perubahan gaya hidup yang sehat untuk jantung, dokter akan merekomendasikan obat penurun kolesterol.

  1. Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas cenderung meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Jaga berat badan Anda dalam kisaran normal melalui diet dan olahraga untuk mencegah, serta mengobati kolesterol tinggi.

  1. Olahraga
Baca Juga  Termasuk Penyakit Langka, Apa itu Kanker Vagina?

Olahraga teratur dapat mencegah kadar kolesterol melonjak. Untuk pencegahan dan pengobatan kolesterol tinggi, American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang dalam seminggu. Ini bisa seperti berenang, jalan cepat, jogging, dan bersepeda. 

Mereka juga mencatat bahwa menambahkan latihan berbasis kekuatan atau beban beberapa hari dalam seminggu memberikan manfaat kesehatan tambahan.

  1. Pola Makan 

Untuk kolesterol tetap sehat, pastikan diet Anda mengandung serat larut, lemak yang menyehatkan jantung, gandum utuh, unggas tanpa kulit dan daging tanpa lemak, ikan berlemak dan minyak kelapa. Penting juga untuk menghindari makanan gorengan, krimer susu, lemak padat, makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi sebagian dalam daftar bahan. 

Baca Juga  Tips Ampuh Bersihkan Panci Gosong, Dijamin Mengkilap

Daging merah dan daging lain yang mengandung lemak yang terlihat, jeroan, produk susu penuh lemak, termasuk susu murni, krim, es krim, mentega, dan keju, makanan panggang yang dibuat dengan lemak jenuh atau lemak trans, seperti donat, kue, dan kue kering.

  1. Berhenti Merokok 

Meskipun kebiasaan itu sulit untuk dihilangkan, berhenti merokok dapat membantu mencegah kolesterol tinggi. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Merokok cenderung menurunkan kolesterol baik, dan dapat merusak pembuluh darah, sehingga memudahkan kelebihan kolesterol untuk membentuk plak dan berkontribusi pada penyakit jantung. 

Dalam jangka panjang, ini meningkatkan risiko kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi, faktor risiko kardiovaskular lainnya. (*)

 

Editor : Fenilya

 


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan