Senin, April 15, 2024

Yuk Simak! Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dicampurkan dengan Durian

 

Indonesiadaily.net – Kesenangan mengonsumsi durian seringkali disertai dengan beberapa aturan yang harus diikuti, terutama dalam memadukan durian dengan makanan lain. Meskipun durian nikmat untuk dinikmati sendiri, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika kita menikmati buah ini. Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya tidak dicampurkan dengan durian.

1. Makanan bersantan tinggi

Durian sendiri memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya durian tidak dicampurkan bersama makanan berlemak tinggi, seperti santan yang kental. Kombinasi ini dapat menyebabkan rasa berat dan tidak nyaman di perut.

2. Makanan Pedas

Durian memiliki rasa yang kuat dan unik, dan makanan pedas juga memiliki karakteristik serupa. Mengonsumsinya bersamaan dapat mengakibatkan rasa pedas dan aroma durian bersaing satu sama lain, menciptakan kombinasi rasa yang kurang menyenangkan.

Baca Juga  Durian Sebabkan Darah Tinggi? Kenali Efeknya Bagi Kesehatan

3. Makanan Asam

Makanan asam dapat mengubah karakteristik rasa durian, mengurangi kelezatannya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi buah ini bersama makanan atau minuman asam seperti jeruk, tomat, atau cuka.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat meningkatkan rasa pahit durian dan menyebabkan perut kembung. Untuk menikmati durian dengan maksimal, sebaiknya hindari mengonsumsinya bersama minuman bersoda.

5. Makanan Berbau Kuat

Durian memiliki aroma yang sangat kuat, dan mengonsumsinya bersama makanan berbau kuat seperti bawang putih atau bawang bombay dapat menciptakan kombinasi bau yang tidak menyenangkan. Sebaiknya pilihlah makanan dengan aroma ringan ketika menikmati durian.

6. Makanan yang Mengandung Alkohol

Mengonsumsi durian bersamaan dengan minuman beralkohol dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut dan reaksi tubuh yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi durian dengan minuman beralkohol.

Baca Juga  Ini Buah yang Dilarang Dikonsumsi Saat Berbuka, Bisa Asam Lambung

Leci dan durian dianggap sebagai makanan “panas”, dan mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko demam, sembelit, atau sakit tenggorokan.

8. Kepiting

Kepiting memiliki sifat ‘mendinginkan’, sedangkan durian termasuk dalam kategori ‘panas’. Oleh karena itu, mengonsumsi keduanya bersamaan dapat mengganggu sistem pencernaan dan menimbulkan ketidaknyamanan pada perut.

9. Daging sapi dan kambing

Daging sapi dan kambing memiliki sifat ‘panas’, sehingga mengonsumsinya bersama durian dapat meningkatkan sensasi ‘panas’ pada tubuh dan menyebabkan peradangan.

10. Terong

Meskipun terong secara teknis adalah sayuran, namun, bersama durian, konsumsinya dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh. Selain itu, dapat menyebabkan perut kembung atau refluks asam.(*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles