Senin, April 15, 2024

Yuk Perhatikan! Ini Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Garam

 

Indonesiadaily.net – Terlalu banyak mengonsumsi garam dari takaran yang dianjurkan bisa meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, hingga tekanan darah tinggi. Setiap orang wajib mengenali tanda-tanda yang muncul di tubuh akibat kelebihan garam demi menghindari risiko penyakit lanjutan. Lantas, apa saja tanda-tanda tubuh kelebihan garam?

1. Perut Kembung

Kembung adalah salah satu tanda yang paling umum muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Biasanya, kembung muncul karena tubuh menahan air sehingga banyak cairan menumpuk.

2. Tekanan Darah Tinggi

Kelebihan garam dalam tubuh dapat memicu tekanan darah tinggi. Kandungan garam yang tinggi membuat tubuh jadi lebih sulit untuk membuang cairan yang tidak diperlukan. Akibatnya, tekanan darah bisa naik.

Baca Juga  Kebiasaan Sederhana Ini Mampu Sehatkan Paru-Paru, Apa Saja?

3. Tubuh Bengkak

Salah satu tanda tubuh kelebihan garam adalah pembengkakan tubuh. Biasanya, bagian tubuh yang bengkak akibat terlalu banyak mengonsumsi garap adalah wajah, tangan, kaki, dan pergelangan tangan.

4. Sering Haus

Jika akhir-akhir ini sering merasa sangat haus, ini bisa menjadi tanda kalau Anda mengalami dehidrasi akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Maka dari itu, perbanyak konsumsi air mineral untuk menetralisir kandungan garam berlebih dan menyegarkan sel-sel tubuh.

5. Berat Badan Meningkat

Tubuh yang menahan air mengakibatkan berat badan bertambah. Jika berat badan bertambah cepat dalam kurun waktu seminggu atau bahkan beberapa hari, kemungkinan besar salah satu penyebabnya adalah Anda mengonsumsi terlalu banyak garam.

Baca Juga  Intip Yuk! Tips Cara Agar Anak Menjadi Penurut

6. Sering Buang Air Kecil

Terlalu banyak garam di dalam tubuh dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dalam sehari. Sebab, garam dapat menimbulkan rasa haus sehingga mendorong Anda untuk minum lebih banyak air.

7. Kualitas Tidur Terganggu

Terlalu banyak mengonsumsi garam, terutama sebelum tidur dapat memicu gangguan tidur. Salah satu tanda gangguan tidur akibat terlalu banyak garam adalah tidur gelisah, sering terbangun di malam hari, hingga kurang istirahat di pagi hari.

8. Sering Merasa Lemah

Salah satu tanda tubuh terlalu banyak mengandung garam adalah tubuh sering merasa lemah. Sebab, terlalu banyak garam di dalam darah menyebabkan air keluar dari sel untuk mengencerkan kadar garam.

Baca Juga  HUT PPNI ke-49, Ratusan Lansia di Depok Cek Kesehatan Gratis

9. Gangguan Pencernaan

Tanda terakhir akibat terlalu banyak garam adalah gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kram, mual, hingga diare.(*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles