Senin, April 15, 2024

Yuk Merapat! Ini 6 Bahan Alami untuk Obati Penderita Sakit Gigi

Indonesiadaily.net – Penderita sakit gigi bisa sangat tersiksa dibuat oleh penyakit ini. Semakin dibiarkan, akan sangat mengganggu aktivitas.

Ras nyeri yang dirasakan bahkan mampu membuat pusing. Tidak hanya itu, sulit untuk makan bisa terjadi bagi orang yang menderita gangguan pada gigi ini.

Selain meminta perawatan dokter, sakit gigi bisa dikurangi dengan obat alami yang tersedia di alam.

Berikut ini sejumlah obat alami yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit atau menghilangkan rasa sakit gigi seperti dilansir dari Halodoc.

1. Berkumur Air Garam

Bisa dibilang cara ini telah banyak digunakan. Kami bisa melarutkan satu sendok teh garam di air mendidih. Kemudian, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum membuang air itu dari mulut. Awas, jangan sampai airnya tertelan.

Baca Juga  10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Berkumur air garam mampu membersihkan daerah sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan. Menariknya lagi, air garam juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sekitar gigi.

2. Lemon

Lemon ternyata tidak hanya baik untuk sistem imun saja. Keasaman buah ini dinilai cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi. Lemon kaya akan antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakan lemon untuk meredakan sakit gigi sederhana, kok. Peraslah lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang terasa sakit. Bisa pula mencampurkan sedikit perasan buah lemon dengan sedikit air menggunakan kapas, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit.

3. Daun Jambu

Daun jambu bersifat analgesik, anti radang sekaligus sebagai antimikroba. Cara menggunakannya kunyahlah daun jambu merah yang bersih sebanyak satu atau dua lembar hingga ekstraknya keluar. Selanjutnya, oleskan ekstrak daun pada bagian gigi yang sakit menggunakan lidah.

Baca Juga  Catat ya! Sederet Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersama Teh dan Kopi

Kamu bisa juga dengan merebus lima lembar daun jambu. Setelah mendidih, diamkan rebusan tadi sampai suhunya menghangat, lalu tambahkan sedikit garam. Selanjutnya, pakai rebusan tersebut untuk berkumur.

4. Cuka Apel

Selain dua hal sebelumnya, cuka apel juga bisa dimanfaat untuk meredakan sakit gigi. Kok bisa? Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk meredakan sakit gigi. Caranya juga mudah, gunakan cuka apel dan berkumurlah setidaknya selama 30 detik.

5. Kompres dengan Es

Cara meredakan sakit gigi di rumah juga bisa memanfaatkan es. Caranya cukup simpel. Masukan es ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. Kemudian, tempelkan es yang sudah terbungkus pada area gigi yang terasa sakit. Sensasi dingin dari es ini bisa “mematikan” saraf gigi yang terasa sakit. Selain menempelkan es, kita juga bisa sembari memijat daerah gigi yang terasa sakit dengan jari.

Baca Juga  Wow! Lima Buah Ini Bisa Jadi Obat Kuat Alami, Dari Semangka Hingga Lemon

6. Teh peppermint

Teh peppermint juga bisa membantu untuk meredakan sakit pada penderita sakit gigi. Cobalah rebus daun teh ini hingga mendidih. Setelah dingin, berkumurlah dengan air ini. Air kumur tersebut boleh ditelan atau dibuang. Teh peppermint mengandung zat tanin yang membantu untuk meredam rasa sakit gigi dan mengurangi pembengkakan.(*)

Editor: Nur Komalasari

 


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles