Senin, Juni 17, 2024

Wow! Lima Negara Ini Ternyata Miliki Lebih dari Satu Ibu Kota

Indonesiadaily.net – Ibu kota negara adalah wilayah yang menjadi pusat pemerintahan negara. Secara umum, setiap negara hanya memiliki satu ibu kota. Namun, ternyata ada sejumlah negara yang memiliki lebih dari satu ibu kota.

Ada beberapa alasan yang membuat suatu negara memiliki lebih dari satu ibu kota, seperti faktor sejarah, persaingan regional untuk kekuasaan, kemudahan akses bagi warga negara, hingga untuk menarik minat wisatawan.

Lantas, apa saja negara yang memiliki lebih dari satu ibukota? Berikut rangkumannya, melansir dari CNN International.

1. Benin (Porto-Novo dan Cotonou)

Cotonou adalah kota pelabuhan yang diklaim sebagai kota para wisatawan. Hal itu menjadi salah satu faktor Cotonou menjadi pusat pemerintahan Benin.

Selain Cotonou, Benin juga memiliki ibu kota resmi, Porto-Novo. Di Porto-Novo, kehidupan kota besar digantikan oleh jalan-jalan berpohon dan arsitektur bersejarah.

Pembagian kekuasaan antara kedua kota ini telah berlaku sejak sebelum Benin meraih kemerdekaan dari Prancis pada 1960.

Baca Juga  Sejarah Berdirinya McDonald's Sampai Tersebar di 119 Negara

2. Bolivia (La Paz dan Sucre)

Diselimuti puncak bersalju Pegunungan Andes, La Paz adalah ibu kota Bolivia yang menakjubkan. Di atas jalan raya pusat kota La Paz, terdapat kereta gantung yang melintasi kota.

Meskipun La Paz adalah ibu kota administratif, ibu kota konstitusional Bolivia adalah kota Sucre.

Pada awal pemerintahan kolonial, perak dari tambang-tambang di sekitar Sucre menjadikan kota pegunungan ini menjadi kekuatan Andes. Industri timah yang berkembang membantu La Paz tumbuh menjadi saingan sengit dalam hal kekuatan ekonomi dan politik sehingga tetap menjadi pusat pemerintahan Bolivia.

3. Chile (Santiago dan Valparaiso)

Chile adalah salah satu negara di Amerika Selatan yang memiliki dua ibu kota dengan pemandangan menakjubkan.

“Saat anggota badan administrasi dan yudisial nasional Chile menyaksikan salju turun di pegunungan di sekitar Santiago, lembaga legislatif nasional dapat menikmati matahari terbenam berwarna-warni di Samudra Pasifik dari kota Valparaiso,” tulis CNN.

Baca Juga  Sederet Negara Terbersih di Dunia, Bikin Betah

Menurut CNN, meskipun hanya berjarak sekitar 72 mil dari satu sama lain, Santiago dan Valparaiso terasa sangat berbeda. Di ibu kota resmi, Santiago, bangunan pencakar langit berkilau dalam nuansa abu-abu biru yang sejuk di latar belakang puncak batu.

Sementara itu, ibu kota lembaga legislatif nasional, Valparaíso adalah pusat bersejarah menurut UNESCO.

“Valparaiso adalah permata yang tidak terurus dengan palet warna-warni dan gaya bohemian,” tulis laporan CNN.

4. Cote d’Ivoire( Yamoussoukro dan Abidjan)

Sebelumnya, Côte d’Ivoire adalah negara dengan satu ibu kota negara. Namun, jumlah ibu kota negara bertambah menjadi dua berkat presiden yang memegang jabatan selama lebih dari tiga dekade.

Presiden Côte d’Ivoire pada 1960 hingga 1993, Félix Houphouët-Boigny, memanfaatkan jabatan dengan menjadikan kampung halamannya, Yamoussoukro, sebagai ibu kota kedua negara di Afrika Barat ini pada 1983.

Namun, dibandingkan dengan ibu kota asli, Abidjan, Yamoussoukro tetap sepi. Abidjan adalah ibu kota de facto, di mana karya seni modern di Galerie Cécile Fakhoury bertemu dengan arsitektur modernis dan pasar berwarna-warni.

Baca Juga  Ini Dia Ibu Termuda di Dunia, Melahirkan di Usia 5 Tahun

5. Republik Ceko (Praha dan Brno)

Kota Praha yang cantik menggabungkan budaya dan sejarah Republik Ceko. Praha terkenal dengan menara bergaya Gotik dan atap bersejarah ala Baroque yang menghiasi tepi Sungai Vltava.

Salah satu situs yang paling mengesankan di Praha adalah Kastil Praha. Kastil yang didirikan pada abad ke-9 dan tercatat di UNESCO ini adalah kantor resmi Presiden Republik Ceko.

Sementara itu, Mahkamah Agung Republik Ceko berada di ibu kota kedua yang kurang terkenal di negara ini, yaitu kota Moravia yang penuh energi, Brno. Di kota ini, para wisatawan yang penuh petualangan dapat menjelajahi labirin, seperti kuburan bawah tanah yang menyimpan puluhan ribu kerangka manusia.(*)

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles