Senin, April 15, 2024

WHO Ingatkan Ancaman Penyakit X, Ini Faktanya

 

Indonesiadaily.net – Kesiapan menghadapi penyakit X dari WHO kembali dibahas dalam World Economic Forum (WEF).
Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti pentingnya bersiap menghadapi Penyakit X.

Mereka menyatakan harapan bahwa negara-negara akan mencapai kesepakatan pandemi pada bulan Mei ini untuk mengatasi “musuh bersama” ini.

“Perjanjian pandemi dapat menyatukan seluruh pengalaman tantangan yang kita hadapi dan semua solusi menjadi satu,” kata Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss dikutip dari Anadolu Agency.

“Kita tidak boleh menghadapi hal-hal tanpa persiapan, kita juga bisa bersiap menghadapi beberapa hal yang tidak diketahui,” kata Ghebreyesus.

Menyinggung pentingnya penelitian dan pengembangan serta infrastruktur kesehatan dan tenaga kerja untuk bersiap menghadapi Penyakit X, ia menekankan bahwa kesehatan primer sangat penting seperti yang dilihat dunia selama pandemi COVID-19.

Baca Juga  Ini Lima Trik Kilat Atasi Bau Mulut Seketika, Makan Permen Hingga Kunyah Apel

“Bahkan masyarakat dapat bersiap menghadapi Penyakit X,” kata Ghebreyesus, seraya menambahkan bahwa kesehatan masyarakat, pendidikan, dan komunikasi harus menjadi prioritas utama.

Mengulang kembali pentingnya perjanjian pandemi, ia menekankan bahwa hal ini dapat membantu dunia mempersiapkan masa depan dengan lebih baik.

“Karena ini adalah musuh bersama dan tanpa respons bersama, dimulai dari kesiapsiagaan… kita akan menghadapi masalah yang sama seperti COVID,” tambah pimpinan WHO tersebut.

Mengingat batas waktu perjanjian pandemi adalah Mei 2024, Ghebreyesus berharap negara-negara akan mencapai perjanjian pandemi ini pada saat itu.

Ia melanjutkan, jika generasi yang memiliki pengalaman langsung ini tidak bisa melakukannya, maka ia tidak berpikir generasi berikutnya akan melakukannya.

Baca Juga  Tradisi Unik dari Berbagai Dunia Rayakan Tahun Baru, ada yang Menginap di Kuburan

“Jadi demi anak cucu kita, … kita harus mempersiapkan dunia untuk masa depan,” tambah Ghebreyesus.

Mengutip AP, sebuah klaim muncul dan menyebut bahwa penyakit X adalah penyakit menular mematikan. Penyakit ini sedang muncul dan mewabah sehingga dibahas dalam pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia tahun 2024 di Davos, Swiss.

“Penyakit X adalah penularan misteri yang diadakan oleh Forum Ekonomi Dunia HARI INI!” membaca salah satu postingan Instagram yang telah menerima lebih dari 2.000 likes pada hari Kamis.

“Tampaknya penyakit ini ‘bisa menyebabkan kematian 20 kali lebih banyak daripada COVID.’ Ingat… mereka selalu memberi tahu kita apa yang akan terjadi,” tulis yang lainnya.

Namun ini adalah pengertian yang salah. Penyakit X, sebuah penyakit yang tidak diketahui, digunakan sebagai istilah untuk pertama kalinya pada tahun 2018.

Baca Juga  Edaran Keluar, Lansia Bersiap Diberi Vaksin Booster Kedua

Penyakit X bukanlah nama penyakit nyata. Ini adalah nama yang diberikan untuk patogen hipotetis yang digunakan untuk membantu merencanakan krisis kesehatan di masa depan.Istilah penyakit X diciptakan WHO pada tahun 2018. (*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles