Senin, April 15, 2024

Waspada, Aplikasi di Android dan iPhone Ini Bisa Menyedot Pulsa

Indonesiadaily.net – Mencuri data pribadi sampai bisa mencuri pulsa menjadi kelakukan malware. Ada beberapa malware Android iPhone yang harus diwaspadai karena bisa mencuri pulsa.

Pertama adalah malware Autolycos yang ditemukan oleh peneliti keamanan dari Evina, Maxime Ingrao. Ia menemukan malware ini bersemayam di delapan aplikasi Android yang di Play Store.

Meski kini aplikasinya sudah dihapus oleh Google, sebelumnya aplikasi-aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari tiga juta kali. Tentu korban malware tersebut sebenarnya sudah sangat banyak.

Tidak hanya itu, ada juga dua aplikasi, yakni Vlog Star Video Editor dan Creative 3D Launcher yang sudah diunduh lebih dari satu juta kali. Berikut ini daftar lengkap delapan aplikasi berbahaya terbaru yang membawa malware Autolycos, seperti dikutip dari Bleeping Computer.

Baca Juga  12 Kota Jadi Sasaran Pembangunan 'Gila-gilaan' Perdana Menteri Arab Saudi

Vlog Star Video Editor – 1.000.000 download
Creative 3D Launcher – 1.000.000 download
Funny Camera – 500.000 download
Wow Beauty Camera – 100.000 download
Gif Emoji Keyboard – 100.000 download
Razer Keyboard & Theme – 50.000 download
Freeglow Camera 1.0.0 – 5.000 download
Coco Camera v1.1 – 1.000 download

Autolycos merupakan malware yang bisa melakukan tindakan berbahaya secara diam-diam, seperti mengakses URL di browser remote dan memasukkan hasilnya dalam permintaan HTTP alih-alih menggunakan Webview.

Dalam banyak kasus, aplikasi yang disusupi malware tersebut bisa meminta izin untuk mengakses konten SMS pengguna. Ujung-ujungnya, malware ini akan mendaftarkan pengguna ke layanan berlangganan premium dan menyedot pulsa pengguna atau membuat tagihan jadi membengkak.

Baca Juga  Ini Dia Ibu Termuda di Dunia, Melahirkan di Usia 5 Tahun

Apple boleh saja membanggakan keamanan ekosistem iOS. Namun ternyata ada 133 aplikasi penipu di App Store, dengan total download 500 juta dan total pemasukan USD 365 juta. Termasuk di antaranya aplikasi pencuri pulsa.

Pada Maret 2021, Avast melaporkan 133 aplikasi penipu di App Store, dan setahun kemudian VPNCheck menemukan lebih dari 60% aplikasi tersebut masih aktif di App Store.

Lalu di laporan terbaru VPNCheck didapati ada 84 aplikasi iOS penipu yang tidak hanya bertahan di App Store tapi juga berhasil menggondol lebih dari USD 100 juta dari korbannya.

VPNCheck menggunakan daftar yang dibagikan oleh Avast untuk diperiksa ulang satu per satu menggunakan data Sensor Tower. Mereka menemukan bahwa pada periode Juni 2022 saja puluhan aplikasi penipu itu sudah diunduh 7,2 juta kali.

Baca Juga  Ini Tiga Penyebab Kamar Mandi Banyak Kecoak

Sebagian besar aplikasi iOS penipu yang ada di daftar VPNCheck merupakan aplikasi hiburan, editor foto atau video, game, scanner, utilities seperti senter dan VPN, dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi penyedot pulsa teratas untuk iPhone

ToonApp Cartoon Photo Editor
Beat maker pro – DJ Drum Pad
ScanGuru: PDF Document Scanner
Photo Collage – Collageable
Facelab – Face Editor & Beauty
Mood Balance: Self Care Tracker
Lift: Story Maker
edjing Mix – dj app
Nebula: Horoscope & Astrology
Astroline: The Daily Horoscope

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles