Wajib Tahu, Ini Gejala Kolesterol Rendah dan Cara Atasinya

Indonesiadaily.net – Sebagian besar orang memahami bahwa kadar kolesterol dalam tubuh yang tinggi berisiko bagi kesehatan. Meski begitu, gangguan kesehatan juga dapat terjadi apabila kadar kolesterol berada di bawah batas normal. Berikut ini gejala kolesterol rendah yang perlu diketahui.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Padahal, senyawa tersebut mempunyai fungsi untuk membangun dinding di dalam sel atau membran sel pada tubuh.
Lantas, apa saja gejala yang ditimbulkan ketika kadar kolesterol rendah dan bagaimana cara mengatasinya?

Perlu diketahui bahwa tubuh memerlukan kolesterol untuk membantu mencerna makanan yang sudah dikonsumsi.

Dilansir dari Healthline yang dikutip dari kompas.com kolesterol juga berkontribusi pada pembuatan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium.

Namun, ada dua jenis kolesterol yang mengalir di dalam darah, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).
LDL berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyumbat arteri. Sementara HDL punya manfaat untuk membawa LDL dari aliran darah ke hati dan kelebihan LDL akan dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga  Komunitas Ibu Keren Gelar Fun Edukasi di Sawangan, Ini Tujuannya

Ketika kadar kolesterol menjadi rendah, orang yang mengalaminya dapat merasakan beberapa gejala, seperti merasa putus asa, bingung, gugup perubahan suasana hati, perubahan pola makan dan tidur dan sulit mengambil keputusan.

Turunnya kadar kolesterol sebenarnya tidak terlalu berbahaya dibanding dengan kolesterol tinggi. Namun, kadar yang terlalu rendah perlu diperhatikan, bahkan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter jika tidak disertai penyebab yang jelas.

Walau efek kolesterol rendah masih diteliti, peneliti menduga kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan mental.
Hal tersebut dibuktikan peneliti dalam penelitian Duke University pada 1999 terhadap wanita muda yang sehat.

Mereka memiliki kadar kolesterol yang rendah, tetapi didapati temuan bahwa muncul gejala kecemasan dan depresi. Peneliti kemudian berkesimpulan bahwa kolesterol berkontribusi pada pembuatan vitamin D dan hormon.

Baca Juga  Penyakit Tuberkulosis Meningkat Dua Kali Lipat, Ketahui Gejala Agar Penanganan Maksimal

Apabila kolesterol rendah, kondisi ini dapat memengaruhi otak. Vitamin D juga dibutuhkan untuk pertumbuhan sel. Ketika sel-sel otak kondisinya tidak sehat, peneliti khawatir orang menjadi depresi atau mengalami kecemasan.

Masih dari sumber yang sama, rendahnya kadar kolesterol kemungkinan disebabkan oleh riwayat keluarga atau keturunan. Namun, ada faktor lainnya yang turut memengaruhi rendahnya kadar kolesterol, seperti mengonsumsi obat penurun kolesterol seperti statin.

Faktor lainnya yang membuat kadar kolesterol menjadi rendah adalah perawatan tekanan darah atau mengalami depresi klinis.

Cara mengetahui kadar kolesterol rendah atau tidak adalah melakukan pemeriksaan darah. Kadar LDL yang kurang dari 50 mg/dL atau kolesterol total kurang dari 120 mg/dL mengindikasikan kadar kolesterol rendah. Adapun kolesterol total ditentukan dengan menambahkan HDL dan LDL dan 20 persen dari trigliserida (lemak yang mengalir dalam darah).

Kadar kolesterol LDL yang normal adalah 70 sampai 100 mg/dL. Ketika orang mendapati kadar kolesterol dalam tubuh di bawah ambang batas normal, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Baca Juga  Peduli Kesehatan, Sekolah Tunas Global Depok Gelar Health Fair

Salah satunya adalah memperhatikan pola makan, walaupun mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol bukan satu-satunya solusi. Apabila mengalami kondisi tersebut, maka perlu mendiskusikannya dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang sesuai.

Sementara itu, kolesterol rendah dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan jantung. Perhatikan juga riwayat keluarga yang bermasalah dengan kolesterol, serta mencermati risiko stres atau kecemasan.(*)

Editor : Nur Komalasari


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *