Kamis, Juli 18, 2024

Upacara Hardiknas di SMPN 7 Depok, Semarakan Gerakan Merdeka Belajar

Oleh : Tim jurnalistik SMPN 7 Depok

 

Indonesiadaily.net – Pada Selasa 2 Mei 2023, SMPN 7 Depok melakukan upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Upacara tersebut dimulai dari pukul 07.20 WIB sampai 08.50 WIB dan diikuti dengan tertib oleh seluruh warga sekolah disertai pembina upacara langsung dari Dinas pendidikan Kota Depok.

Uniknya dalam kegiatan upacara ini, baik guru ataupun siswa tidak mengenakan seragam sekolah, tetapi memakai berbagai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Ini menunjukan keberagaman di Indonesia yang memiliki slogan Bhinneka Tunggal Ika.

upacara SMPN 7 Depok 2

Upacara dimulai dengan seluruh pemimpin barisan menyiapkan barisannya masing-masing, dilanjutkan dengan pengibaran bendera diiringi lagu Indonesia Raya, pembacaan Teks Pancasila oleh pembina upacara serta pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Baca Juga  Presiden Sambangi Pasar Pal di Depok: Harga Stabil Jelang Lebaran

Setelah itu ada pembacaan pidato oleh pembina upacara tentang Hari Pendidikan Nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pidato tersebut membahas tema dampak keberlangsungan dan keberlanjutan Gerakan Merdeka Belajar.

upacara SMPN 7 Depok 3

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan” ucap pembina upacara dalam pidato tersebut.

Setelah kegiatan upacara selesai, dilanjutkan dengan kegiatan halal bihalal yang dilakukan oleh siswa, guru dan staff. Dilakukan di lapangan sekolah, dan sebagai bentuk silahturahmi dan saling memaafkan antar keluarga besar SMPN 7 Depok. (*)


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles