Senin, April 15, 2024

Tujuh Tanaman Herbal Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya ada Bumbu Dapur

 

Indonesiadaily.net – Selain dengan belajar tekun, sejumlah tanaman herbal ini ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak. Tanaman-tanaman ini juga telah diuji kemampuannya secara keseluruhan terhadap kognisi. Mulai dari kemampuan meningkatkan cara berpikir, memahami, belajar, bahkan mengingat. Berikut ini beberapa tanaman herbal yang dimaksud.

1. Ginseng

Ginseng menjadi salah satu herbal terbaik untuk urusan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Potensi utama tanaman ini adalah kemampuannya untuk mencegah kehilangan daya ingat dan mengurangi penurunan daya ingat seiring usia yang bertambah.

Ginseng mengandung bahan kimia antiinflamasi yang disebut ginsenosides. Kemungkinan hal ini yang membuat ginseng jadi salah satu herbal yang bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingat.

2. Ginkgo biloba

Kemampuan tanaman ini dalam hal daya ingat sudah terkenal cukup lama. Melansir Verywell Mind, tanaman ini memang sudah digunakan sejak lama untuk pengobatan demensia.

Baca Juga  Lima Manfaat Potensial Air Hangat yang Sayang untuk Dilewatkan

Ginkgo biloba juga jadi tanaman yang umum digunakan oleh masyarakat China untuk pengobatan. Tanaman ini diyakini bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang sirkulasi aliran darah ke otak.

3. Rosemary

Rosemary juga terkenal sebagai tanaman herbal yang biasa digunakan dalam sejumlah masakan. Di samping itu, tanaman ini juga terkenal sebagai salah satu herbal terbaik dalam hal fungsi otak dan memori.

Studi klinis terhadap tanaman ini menunjukkan bahwa ekstrak rosemary bisa memperkuat perhatian dan memori pada pelajar yang sehat, orang dewasa, hingga orang tua.

4. Bacopa

Tanaman herbal yang bisa meningkatkan kecerdasan otak selanjutnya adalah bacopa. Bacopa adalah jenis tanaman merambat yang banyak ditemukan di rawa-rawa. Bersaudara dekat dengan tumbuhan ki urat yang cukup tenar di Indonesia.

Baca Juga  Jangan Melewatkan Sarapan, Ini Dia Efek Negatifnya bagi Tubuh

Melansir Spirituality Health, Bacopa banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Tanaman ini juga memiliki khasiat yang bagus dalam hal meningkatkan kecerdasan dan memori.
Berdasarkan sejumlah penelitian ilmiah di Australia dan India, tanaman ini memiliki sifat memori, anti-penuaan, dan kesehatan otak. Bacopa juga memiliki khasiat yang positif untuk gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD) pada anak-anak.

5. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa. Bahkan secara khusus dikenal bisa memerangi penyakit neurodegeneratif seperti penyakit parkinson. Tentu saja tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecerdasan.

6. Jamur reishi

Dalam beberapa hal, fungsi otak bisa terganggu dan mengalami penurunan karena depresi atau stres. Anda bisa memanfaatkan jamur reishi untuk meningkatkan fungsi otak tersebut.
Dalam beberapa hal, fungsi otak bisa terganggu dan mengalami penurunan karena depresi atau stres. Anda bisa memanfaatkan jamur reishi untuk meningkatkan fungsi otak tersebut.

Baca Juga  Bisa Dicoba! Ini Dia Sederet Olahraga yang Baik Untuk Kesehatan Otak

Jamur ini mungkin tidak bisa menurunkan rasa cemas dan depresi yang dirasakan. Tapi jamur ini bisa melawan gejala dan sebagai imbalannya pikiran Anda akan terasa lebih jernih.

7. Peppermint

Tanaman ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Melansir Mother Earth Living, sebuah penelitian di Edu Birdy menunjukkan bahwa hanya dengan minum ramuan ini dapat meningkatkan daya ingat.

Peppermint memiliki kesegaran dan aroma yang kuat. Hal ini bisa membuat orang yang menghirupnya merasa lebih segar.(*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles