Kamis, Mei 30, 2024

Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Film Berikut Bisa Jadi Referensi

Indonesiadaily.net – Belajar sejarah tidak hanya dari membaca buku saja, tetapi menonton film kemerdekaan Indonesia yang menceritakan tentang perjuangan para pahlawan juga bisa. Selain itu, film-film ini akan memperkental rasa cinta kita terhadap Tanah Air.

Film kemerdekaan Indonesia cocok ditonton pada tanggal 17 Agustus. Di mana pada tanggal itu, seluruh warga Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Dirangkum dari beragam sumber, Senin 8 Agustus 2022, berikut adalah deretan film kemerdekaan Indonesia :

Tjut Nyak Dhien

Tjut Nyak Dhien yang merupakan tokoh pahlawan yang namanya sangat harum hingga saat ini. Pahlawan kemerdekaan yang berasal dari tanah Aceh ini memiliki jasa luar biasa bagi bangsa Indonesia.

Tak ayal jika kisahnya kemudian diangkat menjadi sebuah film berjudul namanya sendiri ‘Tjut Nyak Dhien’ dan dirilis pada 1988 lalu. Film ini mengisahkan tentang kisah di balik perjuangan Tjut Nyak Dhien ketika berjuang melawan penjajah.

Bukan hanya memperlihatkan tegangnya di medan perang saja, film Tjut Nyak Dhien juga menyinggung dilema yang dialami sang pahlawan sebagai seorang perempuan yang terjun langsung ke peperangan. Secara kualitas memang Tjut Nyak Dhien ini sudah memenangkan sebanyak 8 piala citra pada masanya.

Baca Juga  Kejar Treble Winner, Berikut Skuad Manchester City vs Inter Milan

Soekarno

Film kemerdekaan Indonesia yang bisa Anda saksikan adalah Soekarno. Film ini mengisahkan tentang presiden pertama sekaligus bapak proklamasi bangsa Indonesia.

Film yang dirilis pada 2013 lalu ini, sesuai dengan judulnya yakni menceritakan kisah tentang kehidupan Soekarno dari kecil hingga akhirnya dewasa dan membawa kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. Dalam film ini terdapat banyak fakta menarik tentang Soekarno yang dipaparkan.

Misal, ketika Soekarno kecil awalnya bernama Kusno dan diubah menjadi Soekarno karena sakit-sakitan. Sosok Soekarno di film ini diperankan oleh aktor berbakat Aryo Bayu dan disutradarai oleh sutradara kondang Hanung Bramantyo. Aryo berhasil menampilkan sosok karismatik ketika membawakan pidato-pidato ala Soekarno di masa lalu.

Merah Putih

Deretan film kemerdekaan Indonesia berikutnya ialah Merah Putih dirilis pada 2009 silam. Film ini diketahui telah menjadi sebuah trilogi.

Sejak dirilis hingga saat ini, film satu ini kerap diputar setiap bulan Agustus atau mendekati hari kemerdekaan. Film Merah Putih mengisahkan tentang perjuangan para pejuang kemerdekaan di tahun 1947 yang saat itu Belanda kembali berusaha masuk ke Tanah Air.

Baca Juga  Tanpa Messi dan Di Maria, Berikut 24 Pemain Argentina ke Indonesia

Tidak hanya menawarkan ketegangan dan keseruan, film ini bagus secara teknisnya. Untuk menghadirkan suasana perang yang meyakinkan, produksi film ini melibatkan para ahli industri dari film-film Hollywood.

Jenderal Soedirman

Jeneral Soedirman merupakan salah satu pahlawan yang kisahnya diangkat menjadi film kemerdekaan Indonesia karena sangat menginspirasi. Jenderal Soedirman filmnya dirilis pada 2015 dengan peran utama Adipati Dolken.

Film ini berkisah tentang sosok Jenderal Soedirman ketika memimpin perang gerilya. Jenderal Soedirman ini digambarkan sebagai sosok yang sangat heroik.

Ia pun bisa memimpin dan menyusun sebuah strategi perang di tengah kondisi kesehatan yang sedang memburuk sekalipun.

Guru Bangsa : Tjokroaminoto

Guru Bangsa: Tjokroaminoto juga salah film kemerdekaan Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Pahlawan lain yang kisah hidupnya juga diangkat ke dalam film adalah Tjokroaminoto yang merupakan penggagas Gerakan Kebangkitan Bangsa.

Film ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan rampung serta dirilis pada 2015 lalu. Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini memuat kisah tentang Tjokroaminoto yang dilahirkan sebagai seorang bangsawan.

Kehidupannya yang nyaman serta serba berkecukupan tak membuatnya abai dengan penderitaan rakyat-rakyat kecil. Ia lalu rela melepas statusnya sebagai seorang bangsawan dan memulai perjuangan dari bawah sebagaimana layaknya seorang rakyat biasa.

Baca Juga  Keren, Sungai Terpendek di Dunia Ada di Indonesia

Kartini

Film Kartini, sosok pejuang wanita yang kisah kehidupannya sangat menarik dan diangkat menjadi sebuah film. Pahlawan yang berjuang untuk emansipasi wanita ini dirilis pada tahun 2017 lalu.

Pada film itni, Kartini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Film ini bercerita tentang kilas hidup Kartini.

Kartini adalah sosok inspirasi bagi para perempuan Indonesia. Dalam film ini, penonton bisa menyadari pentingnya partisipasi perempuan dalam pendidikan demi kemajuan bangsa Indonesia.

Battle of Surabaya

Apabila Anda adalah penggemar film kartun, Battle of Surabaya salah satu yang menarik untuk disaksikan.

Film ini menceritakan secara spesifik kisah pertempuran 10 November di Surabaya sebagai latar belakang ceritanya.

Film Battle of Surabaya adalah film fiksi yang bercerita tentang Musa seorang tukang semir sepatu berperang pecah bertugas sebagai kurir bagi arek-arek Suroboyo dan TKR.

Meski ini film fiksi, di dalamnya telah menyinggung tokoh Musa dengan situasi perang sejarah yang diceritakan tentu bisa menjadi edukasi untuk anak-anak ketika menonton. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles