Kamis, Mei 30, 2024

Ternyata Ukraina Pakai Drone dari Israel Melawan Rusia

Indonesiadaily.net – Ukraina diketahui menggunakan anti-drone canggih buatan Israel untuk melawan invasi Rusia. Namun, bukan membeli dari Israel, namun Ukraina membeli alat tersebut dari Polandia yang sebelumnya membeli dari Israel.

Menurut situs berita berbahasa Ibrani, Zman Yisrael, seorang sumber di perusahaan itu mengatakan, sistem anti-drone itu dijual ke Polandia untuk menghindari penolakan resmi pemerintah Israel yang sejak awal menolak memasok senjata canggih ke Kiev.

Perusahaan tersebut, lanjut laporan Zman Yisrael, telah melaporkan penjualan sistem anti-drone ke Kementerian Pertahanan Israel dengan mengatakan bahwa pembelinya adalah Polandia.

Perusahaan yang tak diungkap namanya tersebut, entah menyadari atau tidak, tak peduli bahwa Polandia hanyalah mediator yang mentransfer sistem tersebut ke Ukraina.

Baca Juga  Ucapkan Selamat, LaNyalla Minta Erick Ganti Pengurus Lama PSSI

Sistem anti-drone, yang dapat mencegat dan mengganggu kendaraan udara tak berawak, diklasifikasikan oleh Kementerian Pertahanan Israel sebagai “teknologi pertahanan canggih” dan karena itu tidak dapat dijual ke Ukraina. Namun, surat kabar itu mengatakan, pemerintah Israel tampaknya tidak mau menghalangi kesepakatan itu.

Sejak dimulainya perang Rusia di Ukraina, Israel telah menolak untuk menjual sistem pertahanan ofensif dan canggih ke Kiev, khawatir itu akan merusak “hubungan sensitif” dengan Moskow.

Israel telah mengerahkan sistem anti-drone di sepanjang perbatasan dengan Lebanon dan di sekitar Jalur Gaza untuk melemahkan potensi serangan drone yang dilakukan oleh Hizbullah Lebanon atau kelompok perlawanan Palestina di Gaza. (*)

 

Baca Juga  Karena 'Kelemahan Sistem Bank', Pria Ini Tarik Uang Rp 25 Miliar dari ATM Tanpa Ketahuan

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles