Jumat, Mei 31, 2024

Ternyata Ini Penyebab Suara Knalpot Sepeda Motor Bunyi Nembak-Nembak

Indonesiadaily.net – Siapa yang tidak ingin punya kendaraan sepeda motor yang mesin mulus dan enak saat dikendarai. Namun lambat laun kendaran juga punya masanya. Terlebih lagi jika digunakan sehari-hari dalam beraktivitas.

Jika rutin dirawat tentu lain halnya, namun jika kurang perawatan mungkin kendaraan juga akan muncul berbagai kendala. Salah satunya masalah dengan suara knalpot yang bunyinya nembak-nembak bahkan seperti suara ledakan. Munculnya gejala nembak-nembak atau ledakan tambahan di knalpot umumnya terjadi pada 2 kondisi.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora menjelaskan beberapa penyebab knalpot motor nembak saat lepas tuas gas ini perlu diketahui oleh agar kondisi yang tidak normal tersebut bisa segera diatasi. Jika knalpot mengeluarkan suara seperti tembakan ketika gas dilepas tentunya suara tersebut akan mengganggu Anda dan pengendara lainnya

Baca Juga  Produsen Mie Sedaap Pastikan Produknya Aman Dikonsumsi

“Oleh karena itu, jika motor Anda mengalami kondisi tersebut, maka harus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan lain pada motor,” tambah Ade.

Pertama, kondisi throttle atau tuas gas sedang ditarik atau dibuka. Pada kondisi tersebut, jika motor kedapatan suara ledakan tambahan dari knalpot pada saat throttle atau tuas gas dibuka, ini biasanya diakibatkan dari adanya kerusakan pada :

  1. Saluran buang / Exhaust Port bocor

Knalpot merupakan komponen pada kendaraan yang digunakan sebagai saluran pembuangan dari hasil pembakaran untuk mengurangi kebisingan hasil pembakaran mesin, dan menurunkan kadar emisi gas buang.

Jika terdapat hal yang abnormal pada knalpot tersebut misalnya bagian ujung knalpot yang ke mesin keropos (bocor), baud pengikat knalpot yang kearah mesin longgar dan juga paking knalpotnya sudah aus, ini pastinya akan menimbulkan suara ledakan pada knalpot yang tidak diinginkan.

  1. Sistem Pengapian bermasalah
Baca Juga  6 Jenis Vaksin yang Akan Digunakan pada Booster ke-2

Sistem pengapian di sepeda motor berfungsi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar pada waktu yang tepat guna menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Jika sistem pengapian tidak bisa memercikkan bunga api busi pada waktu yang tepat, tentunya akan menghasilkan siklus pembakaran pada mesin yang tidak sempurna misalnya waktu pembakarannya terlambat, hal ini selain mengakibatkan tenaga mesin berkurang, juga akan menghasilkan ledakan-ledakan di knalpot.

Kondisi kedua, throttle atau tuas gas sedang dalam posisi di lepas atau ditutup. Pada kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :

  1. Settingan suplai bahan bakar dan udara bermasalah

Suplai bahan bakar dan udara sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Performa mesin bisa bekerja secara maksimal jika perbandingan jumlah bahan bakar dan udara berada disekitar 1:15 (1 gram bahan bakar berbanding dengan 15 gram udara).

Baca Juga  Harga Beras, Gula Pasir, Minyak Goreng Curah Kompak Naik

Jika campurannya lebih banyak udara, hal ini selain berpengaruh terhadap performa mesin yang kurang baik, juga akan timbul suara nembak-nembak di knalpot pada saat turun gas. Ini biasanya terjadi pada motor motor yang menggunakan karburator. Suara nembak nembak tersebut akan lebih terasa jika salah satu komponen di karburator yaitu ACV (Air Cut Valve) tidak bekerja dengan baik.

  1. Sistem Pengapian lemah

Sistem pengapian memang sangat berpengaruh terhadap performa mesin, selain bisa menimbulkan masalah saat gas dibuka, ternyata sistem pengapian yang lemah juga bisa berpengaruh terhadap munculnya suara nembak nembak di knalpot pada saat gas ditutup.

Editor: Liyani


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles