Senin, Juni 17, 2024

Ternyata di Sleman Utara Ada Plunyon, Lokasi Wisata Tersembunyi

Indonesiadaily.net – Siapa sangka, ternyata di Sleman bagian Utara, kaya dengan destinasi wisata alam. Meskipun tersembunyi, tetapi jika sudah sampai lokasinya akan terpuaskan dengan keindahan alamnya, dan salah satu destinasi wisatanya adalah Plunyon.

Berlokasi di lereng Gunung Merapi, tepatnya Kedungsriti, RT1/6, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Untuk menuju tempat ini bisa melewati Pakem ke Timur, Morolejar ke Utara, Kantor Kelurahan Umbulharjo ke Utara hingga melewati Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). Dari TPR naik sedikit dan ambil ke kiri menuju ke Plunyon.

Sejak menjadi lokasi film horor KKN di Desa Penari beberapa waktu lalu, kini Plunyon ramai dikunjungi wisatawan. Objek wisata ini dibuka setiap hari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dengan harga tiket yang relatif murah yakni sekitar Rp12.000.

Baca Juga  Sering Dianggap Sepele, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Plunyon merupakan objek wisata alam yang menghadirkan pemandangan Kali Kuning yang dipenuhi bukit tinggi di kanan dan kirinya. Tempat ini menjadi salah satu spot pilihan untuk menyaksikan Gunung Merapi.

Ada beberapa pilihan objek wisata Plunyon:

1. Pemandangan hutan

Plunyon menjadi bagian dari hutan Merapi yang dilindungi. Banyak tanaman yang tumbuh di tempat ini. Pohon khas pegunungan seperti cemara juga banyak tumbuh tinggi menjulang yang membuat tempat ini semakin asri dan sejuk.

2. Suara satwa

Hutan di Plunyon menjadi habitat burung-burung dan satwa hutan lainnya. Burung-burung yang berterbangan di area Plunyon mengeluarkan kicauan yang merdu. Kehadiran mereka membuat suasana asri khas Merapi semakin terasa. Memadu dengan hawa sejuk yang ada di situ.

Baca Juga  Ibu Rumah Tangga Ini Kembangkan Bisnis Salad Buah dengan Yoghurt Buatan Sendiri

3. Jembatan

Salah daya tarik Plunyon adalah pemandangan jembatannya. Bentuk bangunannya khas, berbentuk tinggi menjulang, dibangun dengan konstruksi dinding tebal yang didominasi batu, dan berbentuk meliuk-liuk. Persis dengan bangunan khas Belanda. Tidak jarang lokasi ini dijadikan tempat foto bagi para calon pengantin.

4. Titian kayu

Ada titian kayu yang bisa dijajal oleh wisatawan. Satelah masuk dan membayar tiket, pengunjung langsung dihadapkan dengan wahana titian kayu ini di sebelah kiri. Titian ini menggantung di antara pepohonan tinggi yang ada di bantaran Kali Kuning sehingga pengunjung yang menaikinya langsung bisa melihat pemandangan dasar sungai dan pemandangan Plunyon keseluruhan.

5. Spot menyaksikan Merapi

Tak kalah menarik dari Kaliadem, Pluyon juga bisa menjadi spot yang cocok untuk menyaksikan gagahnya Gunung Merapi. Meski lokasinya lebih rendah daripada Kaliadem dan Bukit Klangon, tetapi di Plunyon tetap bisa menikmati pemandangan Merapi secara keseluruhan. Jika cuacanya cerah, pengunjung bisa melihat Gunung Merapi yang tampak sangat jelas. Warnanya yang kebiru-biruan akan menjadi objek menarik untuk difoto.

Baca Juga  7 Wisata Kuliner Ekstrem di Berbagai Belahan Dunia

6. Bermain air

Di dam air di Plunyon Kali Kuning ini, wisatawan bisa bermain air. Air di sini jauh dari kata tercemar karena berasal dari Gunung Merapi. Tidak jarang tempat ini menjadi area outbond bagi rombongan wisatawan. (*)

 

Editor : Fenilya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles