Kamis, Mei 30, 2024

Tahun Ini, Pemerintah Siapkan Rp 25,94 Triliun untuk Infrastruktur Jalan

Indonesiadaily.net – Pemerintah melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran senilai Rp 25,94 triliun untuk pembangunan infrastruktur jalan.

“Untuk infrastruktur jalan sebesar Rp 25,94 triliun. Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur jembatan sebesar Rp 6,31 triliun,” ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Hedy Rahadian.

Jalan sepanjang 489,1 km rencananya akan dibangun pemerintah dari anggaran tersebut. Beberapa diantaranya yakni jalan Geumpang-Pameue (Aceh), Lingkar Tuban dan Lingkar Utara Lamongan (Jawa Timur), Bypass Mamminasata (Sulawesi Selatan) dan Lingkar Sorong (Papua Barat).

Tidak hanya membangun jalan, Bina Marga juga akan meningkatkan kapasitas dan peningkatan struktur sejumlah jalan sepanjang 3.340 km.

Sedangkan untuk infrastruktur jembatan, akan dilakukan pembangunan dan duplikasi jembatan sepanjang 10.372 meter serta preservasi dan penggantian jembatan sepanjang 30.346 meter.

Baca Juga  7 Negara yang Telah Hilang dari Peta Dunia, Ada yang Dulunya Negara Terluas

“Bina Marga juga akan melakukan peningkatan aksesibilitas flyover, underpass, dan terowongan sepanjang 2.259 meter dengan anggaran Rp 910 miliar,” tambah Hedi.

Sedangkan untuk pembangunan jalan bebas hambatan atau jalan tol telah dialokasikan dana sebesar Rp 7,98 triliun.

Dianggarkan juga dana sebesar Rp 5,8 triliun untuk preservasi rutin jalan dan jembatan nasional serta revitalisasi drainase dan jembatan gantung.

“Untuk dukungan manajemen lainnya, Bina Marga juga menganggarkan dana sebesar Rp 2,37 triliun,” tandasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles