News  

STB Konslet, Rumah di Tangsel Hangus Terbakar

Indonesiadaily.net – Sebuah rumah di Jalan Forenta Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) hangus terbakar. Diduga Set Top Box (STB) penghuni rumah konslet.

Kandan Pleton Dinas Pemadam Kebakaran yang menangani kejadian tersebut, Davis mengatakan, kebakaran  diduga berasal dari set top box yang mengalami konslet.

“Diduga dari STB yang konslet. Tapi masih belum pasti untuk penyebabnya. Namun dugaan Sementara yaitu korsleting Listrik,” ujar Davis saat dikonfirmasi, Jumat (25/11/2022).

Menurut Davis, objek bangunan yang terbakar tersebut merupakan rumah tinggal yang dilahap api di bagian lantai dua.

“Untuk korban jiwa tidak ada ya. Namun kerugian materil bisa mencapai 70 sampai 100 juta,” terang Davis.

Baca Juga  Dugong Dinyatakan Punah di China, Jadi Peringatan Negara Lain

Lanjut Davis, setelah mendapatkan laporan kebakaran, pihaknya mengerahkan 4 unit mobil pemadam dan 18 personil dari Tangsel, dan 3 unit mobil pemadam serta 15 personil dari Jakarta untuk memadamkan api tersebut.

“Proses pemadaman selesai dan saat ini sudah hijau. Untuk kendala saat pemadaman yaitu listrik yang belum terputus,” pungkasnya.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat Set Top Box rusak. Hal ini yang harus diperhatikan oleh pengguna yang sudah beralih ke TV Digital, karena cara perawatannya berbeda dengan TV Analog.

Penyebab yang sering membuat Set Top Box rusak adalah kurangnya perhatian pada hal-hal yang kecil, yang ternyata berpengaruh pada kualitas dari Set Top Box, yang sedang digunakan padahal pengaruhnya sangat besar.

Baca Juga  Anggota Legislatif Minta Pemkot Depok Segera Buka Layanan Aduan Gagal Ginjal

Berdasarkan laman resmi Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), penyebab Set Top Box rusak biasanya terjadi karena belum tersertifikasi oleh pemerintah, atau bisa juga perawatan penggunanya yang asal-asalan.

Penulis : Ihya Ulumuddin
Editor : Nur Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *