Kamis, Juni 1, 2023

SMKN 2 Depok Kolaborasikan Smartren Ramadan dengan P5

Indonesiadaily.net – SMKN 2 Depok mengadakan kegiatan Smartren Ramadan 1444 Hijriyah. Kegiatan dalam rangka bulan Ramadan tersebut, diadakan dari tanggal 27 Maret sampai 14 April 2023.

Ketua Smartren Ramadan SMKN 2 Depok, Fakrurrozy mengatakan, kegiatan Smartren Ramadan adalah program dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk SMA dan SMK.

“Ini sesuai dengan program dari Disdik Provinsi Jawa Barat dengan mengadakan Smartren di bulan Ramadan,” ucapnya.

Ozy-sapaannya- mengatakan, kegiatan Smartren Ramadan di SMKN 2 Depok dibagi menjadi dua sesi. Pertama untuk siswa kelas XII yang diadakan pada 27 – 30 Maret 2023. Sedangkan, di sesi kedua untuk siswa kelas X dari tanggal 11 – 14 April 2023. Sedangkan siswa kelas XI tidak ikut serta, karena masih dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Baca Juga  PDI Perjuangan Protes Tak Dibukanya PPPK Guru Agama Kristiani di Depok

“Sempat terpotong dulu kegiatan Smartren Ramadan dari tanggal 1 – 10 April 2023, karena ada Ujian Sekolah,” ucapnya.

Ozy menuturkan, ada berbagai macam materi dalam kegiatan Smartren Ramadan, dan tentu saja untuk meningkatkan keimanan dan memanfaatkan waktu berpuasa dengan berbagai kegiatan keagamaan. Mulai dari salah Duha berjamaah, Mutoal Alquran (mengulas cara membaca surat-surat Alquran) didampingi guru, dan ada materi tentang keagamaan dari guru-guru.

Selain itu tiap siswa harus membuat resume materi setiap harinya, dan tadarus perkelompok siswa.

“Ada juga materi tentang Khulafaur Rasyidin dari Kepala SMKN 2 Depok, Yudi Hernawan. Jadi, menceritakan tentang kisah-kisah sahabat nabi,” katanya.

Ozy menjelaskan, ada materi berbeda untuk siswa kelas X, dimana disesuaikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yakni tentang Ketuhanan Yang Maha Esa. Lalu siswa kelas X membuat resume dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Baca Juga  8 Hari di Korea Selatan, Ini yang Didapat Setyowati Guru SMAN 6 Depok

“Lalu ada juga penyaluran zakat fitrah dari siswa sebagai bentuk pelatihan,” tuturnya.

Ozy mengatakan, ada juga kegiatan lainnya di Smartren Ramadan, diantaranya Rantang Pramuka yang merupakan kegiatan membagikan sumbangan atau makanan jadi ke masyarakat sekitar. Lalu ada juga Wakaf Alquran untuk masjid di dekat SMKN 2 Depok.

“Di Smartren Ramadan ada materi tentang Infaq Massal Aktualisasi Masagi, Gerakan wakaf Alquran, Rantang Pramuka, Penulisan mushaf Alquran, habituasi Iman, dan Akhlak sehari-hari,” jelasnya. (*)

 

Editor: Pebri Mulya

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,790PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles