Siswa SMKN 2 Depok Bikin Hari Guru Jadi Meriah dan Berkesan

Siswa SMKN 2 Depok
Siswa secara simbolis menyerahkan potongan tumpeng kepada guru dalam acara Hari Guru di SMKN 2 Depok.

Indonesiadaily.net – Momen Hari Guru Nasional, siswa SMKN 2 Depok menampilkan bakat-bakatnya di depan gurunya. Tidak hanya itu, ada berbagai pertunjukan lainnya untuk guru, seperti membentangkan spanduk yang menuliskan kata-kata tentang guru, Jumat 25 November 2022.

Wakil Kepala SMKN 2 Depok bidang Kesiswaan, Mamah Maryamah mengatakan, ini adalah kegiatan yang diinisiasi oleh siswa SMKN 2 Depok. Dimana, ada berbagai penampilan seperti paskibra, tari tradisional, pembacaan puisi, dan pramuka. Lalu ada juga pemotongan tumpeng yang siswa berikan kepada perwakilan guru.

“Ini adalah bentuk penghargaan dari siswa untuk guru-gurunya, jadi memberikan hiburan di momen Hari Guru Nasional,” ucapnya.

Mamah menjelaskan, selain ada kegiatan dari siswa tersebut, ada juga pemberian penghargaan dan kenang-kenangan kepada guru yang sudah purnabakti di tahun 2022. Diantaranya ada Sutarsa, Idin Rosidin, dan Arief Rahman.

Baca Juga  5 Sekolah Mahal di Jakarta, Ada yang Habiskan Setengah Miliar Rupiah

“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, dedikasinya dalam menciptakan generasi bangsa perlu di apresiasi. SMKN 2 Depok pun memberikan apresiasi kepada guru yang telah pensiun,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Depok, Yudi Hernawan menuturkan, guru secara harafiah artinya adalah seorang pengajar dan pendidik profesional di lembaga pendidikan formal. Tetapi, sebenarnya makna dari guru itu sangat luas. Dimana, berdasarkan arti dari bahasa Jawa guru merupakan akronim dari digugu dan ditiru. Guru bukan hanya betanggungjawab mengajar mata pelajaran yang menjadi tugasnya, tetapi juga mendidik moral, etika, integritas, dan karakter.

“Peran guru dalam kehidupan umat manusia sangat penting. Bahkan, tidak mengherankan seseorang yang sukses dan seorang pejabat paling tinggi pun, seperti presiden tidak akan melupakan jasa guru,” jelasnya.

Baca Juga  P5 Kurikulum Merdeka di SMPN 19 Depok Bahas Bhineka Tunggal Ika

Yudi menuturkan, tidak bisa dipungkiri, tanpa jasa guru, tentu seseorang tidak bisa membaca ataupun menulis. Guru adalah sosok yang mulia dan diagungkan, baik di lingkungan sekolah, kampus, maupun di lingkungan masyarakat.

“Seperti¬†apa pun hebatnya kita saat ini, pastilah kita berutang budi kepada guru kita. Adapun cara untuk memuliakan guru di antaranya adalah dengan mendoakannya,” tuturnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *