Kamis, Juli 25, 2024

Siapa Sajakah Pemilik Bioskop Besar di Indonesia?

Indonesiadaily.net – Meski di era digital dengan banyak alternatif untuk menonton sebuah film di berbagai platform, bioskop tetap memiliki hati di masyarakat. Karena, menonton di bioskop memiliki sebuah ‘rasa’ yang berbeda apalagi dengan suguhan layar yang besar.

Bioskop tetap selalu ramai, dengan banyaknya yang ingin menonton bersama teman, atau keluarga. Sebab, euforia pengalaman menonton di bioskop belum tergantikan hingga saat ini.

Berikut deretan para pemilik bioskop besar di Indonesia.

1. Cineplex 21 Group

Sosok Sudwikatmono menjadi sosok awal yang dikenal kali pertama saat bioskop ini didirikan pada 21 Agustus 1987. Cineplex 21 Group menjadi pelopor pertama bioskop di Tanah Air. Angka 21 sendiri berasal dari nama Jalan MH Thamrin kavling 21, merupakan studio pertama yang dibangun kala itu.

Baca Juga  Airlangga Bantah KIB Usung Ganjar jadi Capres: Itu Kan Katanya PAN

Kemudian pada 1999, dia melepas kepemilikan bioskop tersebut kepada Benny Suherman dan Harris Lesmana. Cineplex 21 Group terdiri dari, Cinema 21, Cinema XXI, The Premiere, dan IMAX.

Setelah berdiri pertama kali di Jakarta Pusat, Cineplex 21 grup dikabarkan telah tersebar di 146 lokasi di seluruh Indonesia atau lebih dari 1.200 layar.

2. CGV Cinemas

Ananda Siregar dan David Hilman menjadi sosok dibalik nama CGV Indonesia, yang merupakan perusahaan bioskop yang berasal dari Korea Selatan. Saat pertama kali diluncurkan awalnya bernama Biltzmegaplex, namun pada tahun 2015 berganti nama jadi CGV Blitz. Dan sekarang hanya CGV.

Pada tahun 2006, CGV ada di Paris Van Java Mall, Bandung. Berkat kekompakan dan kerja sama yang baik dari keduanya-lah alasan bisnis bioskop mereka besar seperti sekarang.

Baca Juga  Tahun Ini, Pemerintah Siapkan Rp 25,94 Triliun untuk Infrastruktur Jalan

3. Cinemaxx

Cucu konglomerat Mochtar Riady, yaitu Brian Riady, juga mendirikan perusahaan bioskop pada tahun 2013, yaitu Cinemaxx. Cinemaxx sendiri berada di mal-mal seluruh Indonesia milik Lippo Group.

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan