Senin, April 15, 2024

Sering Terasa Lapar Saat Hujan? Ternyata Ini Alasannya

Indonesiadaily.net – Apakah Anda menyadari bahwa saat hujan perut sering terasa lapar? Biasanya, kita ingin menikmati camilan ringan saat hujan atau cuaca dingin.  Ternyata, ada beberapa alasan ilmiah di balik kondisi tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

Melansir dari Eating Well, seorang Pakar Nutrisi yang berbasis di Toronto, Bri Bell mengatakan, alasan paling sederhana mudah lapar saat hujan atau dingin adalah tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk tetap hangat di lingkungan yang lebih dingin.

“Meskipun setiap orang berbeda, biasanya orang merasa lebih lapar saat cuaca dingin,” kata Bri Bell, dilansir dari Eating Well.

“Proses makan dan mencerna makanan bisa sedikit meningkatkan suhu tubuh kita, jadi wajar jika tubuh memberi sinyal agar kita makan lebih banyak sebagai cara untuk membuat kita tetap hangat,” ucap Bri Bell.

Baca Juga  Rendah Kalori, Pisang Bagus Untuk Diet? Ini Kata Ahli

Meskipun demikian, kalori yang dibakar untuk menjaga tubuh tetap hangat saat hujan atau dingin, jumlahnya tidak signifikan.

Sementara, sebuah penelitian lain mengungkapkan dampak paparan suhu dingin terhadap total pengeluaran energi tersebut, berbeda-beda bagi setiap orang. Artinya, ada orang yang mudah lapar saat hujan dan dingin, adapula yang tidak mudah lapar.

Alasan ilmiah lainnya adalah, ketika langit mendung saat hujan, maka kadar hormon serotonin dalam tubuh menurun, seperti dilansir dari Guardian.  Kondisi ini pada akhirnya dapat meningkatkan keinginan makan karbohidrat sehingga membuat perut lapar.

Selain itu, penyebab lapar saat hujan juga bisa berasal dari rasa bosan atau tidak banyak kegiatan saat hujan.  Saat hujan dan pikiran relatif longgar, maka dorongan hormon sampai psikologis hujan jadi memantik rasa lapar.(*)

Baca Juga  Hujan Diprediksi BMKG Turun di DKI Jakarta, Berikut Rinciannya

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles