Senin, April 15, 2024

Sepuluh Negara Teraman di Dunia untuk Dikunjungi, Salah Satunya Tetangga Indonesia

 

Indonesiadaily.net – Meskipun kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, namun ada sederet negara yang bisa memberikan rasa aman bagi pelancong. Dengan tingkat kriminalitas yang lebih rendah, negara-negara tersebut dinilai sebagai yang teraman di dunia dan layak dikunjungi. Melansir dari World Population Review 2024, berikut daftar negara teraman di dunia yang minim tindak kriminalitas.

1. Islandia

Menurut Global Peace Index, Islandia menempati posisi pertama sebagai negara paling aman di dunia selama 14 tahun berturut-turut. Populasinya yang relatif kecil membuat negara ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah.

Bahkan, negara ini diketahui tidak memiliki militer atau polisi yang membawa senjata api. Itu semua karena Islandia mempunyai undang-undang yang menjamin kesetaraan, seperti pernikahan sesama jenis yang sah, kebebasan beragama, dan upah yang setara bagi penduduknya.

2. Denmark

Menempati posisi kedua, Selandia Baru memiliki tingkat kejahatan dan kekerasan yang begitu rendah. Risiko mengalami pencurian di negara ini terbilang sangat minim.

Salah satu alasannya karena masyarakat Selandia Baru memiliki pikiran yang terbuka dan mempunyai standar hidup yang tinggi. Negara ini juga mempunyai undang-undang yang mengatur dan mencegah pelanggaran terhadap kebebasan berbicara atau berekspresi bagi seluruh warganya.

3. Irlandia

Baca Juga  Deklarator Kaukus 89 Anggap Anwar Usman Lakukan Kejahatan Politik dan Konstitusi

Pada tahun 2022, Irlandia naik ke peringkat ketiga sebagai negara teraman di dunia. Kenaikan peringkat Irlandia dalam Global Peace Index dikarenakan meningkatnya standar keamanan dan keselamatan di negara tersebut. Dimana tingkat kejahatan, perilaku kekerasan dan ancaman terorisme yang relatif kecil.

4. Selandia Baru

Selain di cap sebagai negara teraman di dunia, Denmark juga berada di urutan paling atas negara yang warganya paling bahagia. Kebebasan berekspresi, fasilitas umur diberikan gratis, dan kesetaraan sosial membuat warga di sana hidup bahagia dan merasa aman kapan saja.

Selain itu, Denmark dikenal dengan tingkat korupsi yang sangat rendah, karena kejujuran dan kepercayaan menjadi prioritas negara tersebut. Meskipun pajak penghasilan di sana cukup tinggi, yakni mencapai 40% tetapi pemerintah negara tersebut menjamin semua warganya dapat menerima layanan publik yang setara dan menjalani kehidupan yang nyaman.

Oleh karena itu, Denmark disebut sebagai negara yang ideal bagi pelancong yang ingin pergi liburan ke luar negeri dan tetap merasa aman.

5. Austria

Memiliki keindahan alam dan pegunungan yang membentang luas di negara tersebut. Austria dinilai sebagai negara yang sangat aman untuk dikunjungi pelancong asing. Kejahatan jarang terjadi di negara ini, namun harus tetap berhati-hati saat berpergian.

Baca Juga  Dikenal Cantik Alami, Begini Perawatan Kecantikan Wanita Suku Baduy

Meskipun demonstrasi yang disertai kekerasan masih menjadi hal yang dikhawatirkan, tapi itu semua bisa dihindari. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, Austria perlahan terhindar dari aksi terorisme besar.

6. Singapura

Siapa menyangka bahwa Singapura yang merupakan negara tetangga Indonesia berada di peringkat keenam dalam Global Peace Index 2024. Bukan tanpa alasan, penduduk Singapura melaporkan dirinya merasa aman dan pengalaman hukum yang positif di negara tersebut.

Dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya, Singapura memang dikenal sebagai negara maju dan minim tindak kriminalitas. Salah satu faktor utamanya adalah aturan hukum yang ketat, pemerintah negara tersebut tak segan-segan menjatuhkan hukuman berat untuk kejahatan kecil sekalipun.

7. Portugal

Pada tahun 2014, Portugal sempat menduduki peringkat ke-18 secara global dan sejak itulah negara ini membuat kemajuan yang signifikan. Terbukti di tahun 2022, Portugal berhasil berada di peringkat ketujuh sebagai negara teraman di dunia.
Portugal memiliki polisi bersenjata yang justru mengurangi tingkat kejahatan di negara tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir, Portugal telah mengalami kebangkitan ekonomi dan mengurangi jumlah pengangguran bagi warganya.

Maka tak heran, Portugal dianggap menjadi salah satu negara yang ideal dan aman untuk dihuni saat pensiun, karena tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Baca Juga  5 Negara Tidak Populer dengan Keindahan Alam yang Luar Biasa

8. Slovenia

Negara Slovia memiliki tingkat keamanan yang tinggi, diantaranya pada kategori keselamatan perjalanan, risiko medis, dan keamanan dari kejahatan. Kini, Slovia berfokus pada peningkatan kualitas hidup warganya di banyak bidang, termasuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

9. Jepang

Berada di peringkat kesembilan, negara yang dijuluki sebagai Negeri Sakura ini merupakan salah satu negara yang minim tindak kriminalitas. Selama 14 tahun, Jepang secara konsisten mendapatkan penilaian tinggi karena tingkat kejahatan yang rendah, minim konflik internal, dan hampir tidak pernah terjadi kerusuhan politik di negara tersebut.

Selain itu, Jepang terkenal dengan warganya yang terbatas dan akses yang minim terhadap senjata api, karena orang Jepang menganggap kepemilikan senjata api bukanlah hak individu.

10. Swiss

Negara yang berbatasan dengan negara-negara di Eropa Barat ini masuk dalam peringkat sepuluh teratas sebagai negara paling aman di dunia. Swiss dikenal dengan standar hidup yang tinggi dan negara dengan ekonomi paling stabil.

Tak hanya minim tindak kejahatan dan pencurian, Swiss merupakan negara dengan polusi udara yang rendah. Oleh karena itu, banyak warganya yang hidup sehat dan berumur panjang.(*)

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles