Senin, April 15, 2024

Sejumlah Makanan Khas dari Berbagai Dunia Ini Hanya Disajikan Saat Bulan Puasa, Ada Apa Saja?

Indonesiadaily.net –  Makanan khas Indonesia saat berbuka puasa adalah kolak. Ya,  tak hanya Indonesia beberapa negara lain yang juga memiliki makanan khas yang disajikan hanya saat bulan puasa aja lho. Penasaran ada makanan dari mana aja?

1. Sambuus , Somalia

Familiar dengan kudapan khas India, yaitu Samosa. Kudapan satu ini memiliki bentuk yang sama, berbentuk segitiga. Sekilas tampilannya seperti kebanyakan gorengan, makanan ini berisi daging sapi atau ikan tuna yang dicampur dengan rempah-rempah seperti lada hingga kunyit, sebagai cita rasa. Hidangan khas Somalia ini hanya ada setiap bulan Ramadan aja dan disajikan sebagai menu buka puasa.

2. Jalebi, Pakistan

Hidangan satu ini berupa cemilan manis yang banyak digemari masyarakat Pakistan sebagai menu buka puasa. Terbuat dari adonan tepung yang digoreng membentuk spiral, kemudian direndam dalam larutan gula, dan disajikan.

Baca Juga  Ajarkan Kebiasaan Baik untuk Latih Mental Anak Semakin Kuat

3. Chorba dan Bourek, Aljazair

Makanan tradisional khas Aljazair, chorba memiliki tampilan hidangan seperti sup hangat yang dibuat menggunakan daging sapi atau domba, tomat, dan bumbu pelengkap. Untuk memakannya, chorba disantap barengan dengan bourek, lumpia khas Aljazair.
Lumpia ini berisi daging dan sayuran. Cara memakannya, dengan mencelupkan bourek ke dalam sup chorba, lebih nikmat disantap saat sup masih hangat. Hidangan ini menjadi menu yang tersedia untuk buka puasa.

4. Knafeh, Lebanon

Dessert atau makanan penutup khas Lebanon ini memiliki rasa yang manis. Knafeh atau disebut juga Kunafa, terbuat dari pastry yang diisi dengan kismis, kelapa parut, kacang-kacangan, dan krim. Disajikan dengan potongan tipis, kemudian disiram dengan sirup gula khas Lebanon.

Baca Juga  Elon Musk Sebut Perusahaannya Berhasil Tanam Chip di Otak Manusia

Tekstur dessert ini mempunyai lapisan luar yang renyah dan lembut di dalam. Disajikan sebagai makanan penutup maupun takjil di saat bulan puasa.

5. Nombu Kanji, India

Nombu kanji adalah nasi yang dimasak hingga memiliki tekstur seperti bubur kental, lalu dimasak dengan campuran daging, sayur, dan rempah-rempah. Masyarakat India menyajikannya saat bulan Ramadan untuk menu buka puasa.

6. Piyaju, Bangladesh

Makanan populer dari Bangladesh ini terbuat dari campuran bawang bombai, cabai, dan kacang lenti, selanjutnya digoreng dalam minyak panas. Makanan ini sering disajikan saat bulan puasa sebagai makanan pembuka yang gurih dan renyah. Bentuk piyaju tidak jauh berbeda dengan gorengan pada umumnya ya.

Baca Juga  Sejumlah Negara Ini Siswanya Paling Pintar Matematika, Apa Saja?

7. Sahlab, Timur Tengah

Hidangan manis ini merupakan khas dari Timur Tengah seperti, Turki, Lebanon, Palestine, Suriah, dan Yordania. Adapun bahannya terbuat dari tepung umbi yang berasal dari genus anggrek Orchis.

Puding susu ini bisa dicampur dengan kayu manis maupun kelapa, sebagai pelengkap. Selalu ditunggu-tunggu menjelang buka puasa, minuman manis satu ini menjadi menu spesial khas Timur Tengah.(*)

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles