Senin, April 15, 2024

Sejumlah Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Musim Hujan, Rentan Bakteri

 

Indonesiadaily.net – Saat ini musim hujan sudah mengguyur wilayah Indonesia. Perubahan cuaca tersebut harus diantisipasi agar tubuh tetap sehat. Caranya adalah dengan berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat. Tidak hanya itu, menghindari sejumah makanan yang rentan bakteri juga cara agar badan tetap bugar. Berikut sejumlah makanan yang harus dihindari saat musim hujan, seperti dilansir dari Healthshots dan The Health Site.

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau sebaiknya dihindari saat musim hujan. Sebab, melansir dari Healthshots, suhu dan kelembapan musim hujan kondusif bagi pertumbuhan bakteri dan jamur,  sehingga rentan bakteri terutama pada sayuran berdaun hijau. Hal ini, dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi lambung. Beberapa contoh sayuran berdaun hijau seperti bayam, daun fenugreek, kubis, kembang kol, dan sebagainya sebaiknya dihindari saat musim hujan.

Baca Juga  Tak hanya Bikin Hangat, Ini Dia Manfaat Pakai Kaus Kaki saat Tidur

2. Seafood

Konsumsi seafood sebaiknya dihindari saat musim hujan. Alasannya, dikhawatirkan keberadaan patogen dan rentan bakteri di dalam air pada musim hujan dapat menginfeksi ikan.
Patogen adalah istilah medis dari kuman, yaitu organisme kecil penyebab infeksi. Jika ikan sudah terinfeksi bakteri, dikhawatirkan berpindah ke orang yang mengonsumsinya.

3. Makanan pedas dan gorengan

Tak hanya saat musim hujan, konsumsi makanan pedas dan gorengan juga sebaiknya dihindari pada hari-hari biasa. Meskipun, kombinasi makanan pedas dan gorengan sangat pas disantap sembari melihat hujan.  Makanan pedas dan gorengan boleh saja dikonsumsi, namun dalam jumlah yang wajar. Sebab, konsumsi yang berlebihan dikhawatirkan dapat mengganggu pencernaan, serta menyebabkan diare dan dan masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga  Konsumsi Ikan Rendah, JMI Gandeng DKP Jabar Gelar Festival Ini

4. Jamur

Pada musim hujan yang cenderung lembab, jamur dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri, sehingga meningkatkan risiko infeksi saat dikonsumsi. Jadi, sebaiknya tunda dulu konsumsi jamur pada musim hujan.

5. Makanan mentah

Mengonsumsi makanan mentah menjadi salah satu jalan masuk patogen, yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesehatan karena infeksi bakteri dan virus.

Jadi sebaiknya Anda memasak makanan lebih dulu sebelum dikonsumsi agar bakteri di dalam makanan mati.

6. Makanan kelebihan garam

Kelebihan garam dapat menyebabkan retensi dalam tubuh. Retensi adalah penahanan zat dalam tubuh yang seharusnya dikeluarkan. Retensi kerap dikaitkan dengan masalah cairan yang menumpuk di dalam tubuh.  Kondisi ini juga menimbulkan faktor lain seperti lesu, rasa lapar yang terus menerus, dan sebagainya.

Baca Juga  Tingkatkan Pelayanan, RS Murni Teguh Ciledug Dilengkapi Alat pemeriksaan diagnostic CT-Scan 128 Slice

7. Minuman bersoda

Selain makanan, adapula minuman yang sebaiknya dihindari saat musim hujan, yakni minuman bersoda. Sebab, meskipun musim hujan namun tubuh kita cenderung dehidrasi.  Jadi, tubuh tetap membutuhkan air putih agar tetap terhidrasi. Sementara, minuman bersoda berpotensi menurunkan mineral dalam tubuh dan melemahkan sistem pencernaan.(*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles