Senin, April 15, 2024

Sederet Ras Kucing Paling Langka di Dunia, Adanya yang Bulunya Keriting

 

Indonesiadaily.net – Setiap tahunnya, Cat Fanciers’ Association (CFA) membagikan data ras kucing paling langka di dunia. Jenis kucing langka memiliki makna kucing jenis apa yang memiliki jumlah paling sedikit dan sulit didapat di kalangan peternak dan pemilik. Penasaran apa saja ras kucing yang paling langka itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Balinese

Banyak orang yang mengira kucing jenis ini berasal dari Pulau Dewata, namun ternyata hanya namanya saja yang terinspirasi dari penari Bali yang elegan. Kucing Bali ini ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1950an.

Balinese memiliki tampilan yang mirip dengan kucing siamese, tapi bulunya lebih panjang, halus, dan warna-warni. Kucing ini memiliki harapan hidup yang cukup panjang yakni 10-20 tahun.

Baca Juga  Kapan Waktu Terbaik Ajarkan Anak Berpuasa?

Sifatnya yang peka terhadap pemiliknya dan suka bermain makin membuat anabul ini makin menggemaskan.

2. LaPerm

LaPerm adalah kucing yang unik dengan bulu keriting. Kucing ini merupakan produk dari mutasi genetik alami yang pertama kali muncul pada anak kucing di sebuah peternakan di Oregon pada tahun 1982. Awalnya, banyak kasus yang menunjukkan LaPerm terlahir botak total, tetapi bulu mereka akan tumbuh dan menjadi keriting seiring berjalannya waktu.

LaPerm adalah kucing berukuran sedang yang aktif dan suka bermain. Mereka juga sangat ramah dan suka menghabiskan waktu bersama pemiliknya. LaPerm memiliki harapan hidup sebanyak 12-15 tahun.

3. American Bobtail

American Bobtail juga termasuk kucing yang langka menurut data dari CFA. Kucing dengan ras ini sebenarnya telah berkembang biak secara alami tanpa campur tangan manusia. Namun, orang-orang mulai mengawinkan kucing liar dan bobtail di tahun 1960an untuk memperkuat sifat dan ras American Bobtail.

Baca Juga  RS Murni Teguh Group Kembangkan Aplikasi Heart And Stroke

Kucing ini mempunyai warna yang bervariasi dan kepribadian yang ramah serta penuh kasih sayang kepada pemiliknya. American Bobtail memiliki jangka hidup 11-15 tahun.

4. Bombay

Bombay adalah kucing berwarna hitam yang memiliki warna mata keemasan. Namanya diambil dari nama daerah di India yakni Mumbai/Bombay yang terkenal dengan macan tutul berwarna hitamnya. Kucing dengan ras ini “diciptakan” oleh seorang perempuan yang berasal dari Kentucky, Amerika Serikat, di tahun 1950an.

Bombay memiliki rentang usia 9-13 tahun dan terkenal dengan kepribadiannya yang penuh kasih sayang dan elegan. Dikutip dari PureWow, kucing ini gampang dilatih dengan tali kekang seperti American Bobtail.

Walaupun termasuk langka, Bombay adalah salah satu kontestan terkuat dalam ajang kompetisi kucing di dunia.

Baca Juga  Lima Jamu Tradisional Ini Bisa Bantu Dapatkan Tubuh Ideal Loh, Apa Saja ya?

5. Havana Brown

Menurut berbagai sumber yang ditemui oleh PureWow, hanya ada sekitar 1.000 Havana Brown di Amerika Serikat. Hal ini menjadikannya salah satu kucing yang langka dengan harapan hidup selama 8-13 tahun. Havana Brown, seperti namanya, berwarna coklat dan memiliki mata hijau. Kucing ini adalah hasil dari perkawinan dari kucing hitam domestik dengan kucing Siamese. Sifatnya cukup nakal, suka bermain, serta sensitif. (*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles