Senin, April 15, 2024

Sederet Negara yang Paling Sering Gempa Bumi, Ada Indonesia?

 

Indonesiadaily.net – Mengutip laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Inilah negara yang paling sering gempa bumi di dunia sejak 1990 hingga awal Januari 2024, seperti dikutip dari Statista:

1. China – 186

2. Indonesia – 166

3. Iran – 109

4. Jepang – 98

5. Amerika Serikat – 78

6. Turki – 62

7. India – 58

8. Filipina – 55.

Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu: lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Baca Juga  Ini Besaran Uang yang Didapat Saat Anggota DPR Pensiun

Selain dapat menyebabkan korban jiwa, juga bisa menimbulkan kerugian terhadap perekonomian. Namun, dampak ekonomi ini bisa bervariasi, tergantung pada faktor-faktor tertentu seperti kondisi perekonomian saat ini dan kemampuan suatu negara untuk
pulih dari kerugian ekonomi.

Oleh karena itu, dampak yang ditimbulkan di berbagai negara berbeda-beda. Umumnya, negara-negara miskin yang memiliki sumber daya lebih sedikit akan lebih rentan terhadap kondisi pascagempa yang lebih berat.

Pada tahun 2023, Pusat Penelitian Ekonomi dan Kebijakan atau Federal Emergency Management Agency (CEPR) melaporkan bahwa suatu negara yang terkena musibah tersebut memiliki PDB rata-rata 1% poin lebih rendah dibandingkan negara-negara yang tidak terkena gempa bumi.(*)

 

Baca Juga  Australia 'Ogah' Mengakui Yerusalem Barat Sebagai Ibu Kota Israel

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles