Senin, April 15, 2024

Sederet Negara Ini Tidak Punya Kekuatan Militer, Ini Cara Jaga Keamanannya

 

Indonesiadaily.net – Tahanan militer menjadi bagian penting dari hampir setiap negara di dunia. Namun tidak semua negara memiliki pertahanan militer. Lalu, kira-kira bagaimana ya cara negara tersebut menjaga keamanannya? Berikut ini daftar negara yang tidak memiliki kekuatan militer.

1. Andorra

Negara yang luasnya kurang dari 500 km² ini rupanya tidak memiliki anggaran militer. Andorra pun hanya bergantung pada sukarelawan dan Korps Polisi yang sekaligus diberi tanggung jawab untuk menjaga keamanan di perbatasan negara.

Namun, perlu diketahui bahwa sebelum perang dunia pertama Andorra sempat memiliki angkatan bersenjata, tapi memang tidak bersifat tetap. Sebagai bentuk penjagaan, negara Andorra mewajibkan setiap rumah agar memiliki akses terhadap senjata api.

Selain itu, Andorra juga terlibat perjanjian dengan dua negara tetangganya, yakni Prancis dan Spanyol. Negara ini pun akan memberi bantuan perlindungan ke Andorra sesuai perjanjian yang disepakati.

Baca Juga  Ini Beda Antara Lulusan Unhan dengan Akmil, Tertarik Mau Coba?

2. Kosta Rika

Setelah meraih kemenangan dalam perang saudara pada tahun 1948, Kosta Rika mengakhiri keberadaan angkatan militernya. Negara tersebut juga melarang pembentukan tentara tetap. Bahkan, setiap 1 Desember, Kosta Rika merayakan Hari Penghapusan Tentara.

Masyarakat di sana pun nampaknya tidak masalah dengan hal itu, mereka bahkan bangga. Nyatanya, Kosta Rika juga tidak pernah mengalami masalah pertahanan yang serius sejak penghapusan tersebut. Keputusan kontroversial itu hanya membuat hubungannya dengan negara tetangga kurang baik karena turut merasa tidak aman dengan kebijakan penghapusan militer Kosta Rika.

3. Islandia

Siapa sangka, Islandia juga termasuk salah satu negara yang tidak punya kekuatan militer sendiri. Hal itu karena Islandia memiliki perjanjian keamanan dengan negara tetangga Nordik lainnya seperti Denmark dan Norwegia. Kemudian, lantaran negara ini termasuk anggota NATO, maka Islandia juga akan mendapat bantuan pertahanan dari negara-negara anggota yang masuk dalam organisasi tersebut.

Baca Juga  Waduh..Harun Yahya Divonis Pengadilan Turkiye 8.658 Tahun Penjara

Sebagai negara mikro terbesar, Islandia pun mempunyai beberapa sekutu kuat yang akan turun tangan jika keamanan nasional negara tersebut terancam. Perlu diketahui pula bahwa meski tidak punya pasukan militer tetap, tapi Islandia memiliki pasukan penjaga perdamaian yang beroperasi di luar negeri dan diawasi langsung oleh Kementerian Luar Negeri.

4. Liechtenstein

Demi menghemat uang, Liechtenstein menghapus pasukan militer tetapnya setelah Perang Austro-Prusia pada tahun 1866 karena dianggap terlalu mahal. Kehadiran tentara pun hanya dibolehkan pada saat perang, tapi hal tersebut memang belum pernah terjadi.

Walau tak ada militer, Liechtenstein sebenarnya memiliki pasukan polisi yang dilengkapi senjata kecil untuk melaksanakan tugas keamanan dalam negeri. Bantuan pertahanan juga diberikan oleh Austria dan Swiss berdasarkan perjanjian informal antara kedua negara itu dengan Liechtenstein.

Baca Juga  Waduh! China Akan Hukum Warganya yang Mengenakan Pakaian Jenis Ini

5. Tuvalu

Tuvalu menjadi salah satu negara terkecil di dunia dengan luas wilayah 26 km². Jika negara lain hanya menghapus militernya, Tuvalu jadi satu-satunya negara di dunia yang memang tidak pernah memiliki militer. Negara ini mengadopsi kebijakan demiliterisasi sejak merdeka pada tahun 1978. Maka, dalam konstitusinya dinyatakan bahwa Tuvalu sebagai negara netral dan tanpa kekuatan militer formal.

Alasan yang mendukung keputusan tersebut di antaranya karena jumlah penduduknya sedikit, tidak mempunyai sumber daya alam, dan tidak berada di wilayah yang strategis sehingga negara ini merasa tidak perlu menyiapkan pertahanan militer. Sebagai gantinya, Tuvalu mengandalkan bantuan dari negara-negara mitra dan berpartisipasi dalam organisasi internasional untuk memenuhi kebutuhan keamanannya.(*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles