Senin, Juni 17, 2024

Sederet Makanan Terbaik Untuk Usia 50 Tahun, Apa Saja?

Indonesiadaily.net -Memasuki usia 50 tahun ke atas sangat penting menjaga pola makan. Semakin tua, seseorang akan semakin berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, dan juga kanker. Berikut makanan terbaik untuk dikonsumsi bagi usia 50 tahun ke atas, seperti dikutip dari Eat This Not That.

1. Ikan Salmon

Kebutuhan kalori menurun seiring bertambahnya usia, namun penambahan berat badan tidak bisa dihindari. Salmon adalah sumber protein yang sangat baik, yang membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna daripada karbohidrat dan lemak dan dapat membantu mencegah lemak perut yang umum terjadi pada wanita paruh baya.

Lemak omega-3 dalam salmon baik untuk jantung dan otak karena mengurangi risiko penyumbatan arteri, menurunkan peningkatan trigliserida (lemak) dalam darah, dan menurunkan tekanan darah, yang semuanya cenderung meningkat pada wanita berusia 50-an.

Baca Juga  Ahli Gizi Beberkan Bahaya Makan Mi Dicampur Nasi

Ikan seperti salmon juga dapat meningkatkan mood. Makan lebih banyak ikan dikaitkan dengan penurunan risiko depresi, yang lebih sering terjadi pada wanita paruh baya. Salmon juga mengandung vitamin D, nutrisi yang penting dalam membantu mencegah osteoporosis.

2. Kacang

Mengonsumsi kacang sebenarnya membantu mengatur nafsu makan sehingga memudahkan pengendalian berat badan. Kacang memasok protein nabati, menyehatkan jantung, lemak tak jenuh, potasium, serat, dan nutrisi lain yang terkait dengan kesehatan yang baik seiring bertambahnya usia.

Wanita yang mengunyah 1 1/2 ons pistachio selama 12 minggu meningkatkan kualitas makanannya tanpa mempengaruhi berat badannya. Jika Anda mengonsumsi kacang-kacangan yang lezat dan bergizi secara teratur, Anda membantu jantung dan otak.

Kacang kaya akan arginin, asam amino yang diperlukan untuk membuat oksida nitrat, yang memperlancar aliran darah ke jantung dan otak dengan merelaksasi pembuluh darah yang menyempit.

Baca Juga  Lima Makanan Penurun Hipertensi, Dari Ikan Salmon Hingga Cokelat Hitam

3. Buah beri

Dalam hal menghilangkan kabut otak dan melindungi daya ingat setelah usia 50 tahun, buah beri seperti stroberi, blueberi, raspberi bermanfaat untuk memadamkan oksidasi dan peradangan. Buah beri menyediakan berbagai jenis senyawa kuat yang disebut fitonutrien yang membantu mencegah kerusakan sel otak dan meningkatkan komunikasi antar sel, serta cara lain untuk mendukung fungsi otak.

Blueberry, stroberi, raspberry, dan buah beri berwarna cerah lainnya terasa berair dan lezat tanpa tambahan gula. Jadi buah-buahan ini dapat dengan mudah menggantikan makanan manis yang diproses secara tinggi dan kaya kalori yang sebenarnya akan memberi Anda serat untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

Blueberry dan blackberry juga merupakan sumber vitamin K yang diperlukan untuk memproduksi osteokalsin, protein yang mendukung kekuatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin K yang lebih tinggi dikaitkan dengan kesehatan tulang yang lebih baik pada wanita lanjut usia.

Baca Juga  Biar Tetap Waras, Intip Yuk Cara Jaga Kesehatan Otak

4. Kedelai

Menurunnya kadar estrogen kemungkinan besar menjadi penyebab hot flashes (sensasi panas tubuh), yang terjadi pada sekitar 75% wanita yang tinggal di AS selama setidaknya dua tahun pada usia 40-an dan 50-an. Makanan kedelai mengandung fitoestrogen, estrogen nabati yang fungsinya mirip dengan estrogen manusia, namun dengan efek yang jauh lebih lemah pada tubuh.

“Wanita yang makan kedelai setiap hari, termasuk mereka yang tinggal di negara-negara Asia, dilaporkan mengalami lebih sedikit hot flashes dan gejala menopause lainnya, namun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hubungan antara tahu, tempe, dan edamame serta frekuensi dan intensitas hot flash,” kata Wright.

Kedelai merupakan sumber protein lengkap dan merupakan pengganti yang cocok untuk daging berlemak dan daging olahan. Ditambah lagi, kedelai juga menyehatkan jantung.(*)


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles