Senin, April 15, 2024

Sederet Kecelakaan Kereta Api Maut di Berbagai Negara, Korban hingga Ratusan Orang

 

Indonesiadaily.net – Kereta Api (KA) Turangga bertabrakan dengan KA lokal Bandung Raya di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur pukul 06.53 WIB, Jumat (5/1/2024). Akibat dari peristiwa ini, Masinis KA lokal Bandung Raya, Asisten Masinis KA lokal Bandung Raya, dan Pramugara KA Turangga meninggal dunia.
Kecelakaan kereta api ini bukanlah kali pertama di dunia. Sebelumnya, sederet kecelakaan kereta api maut telah terjadi di sejumlah negara, bahkan menimbulkan korban jiwa hingga ratusan.Berikut ulasannya berdasarkan melansir dari Al-Jazeera.

1. Juni – 2023, India

India adalah salah satu negara yang paling sering melaporkan kecelakaan kereta api. Pada Jumat, 2 Juni 2023, kereta Coromandel Express menabrak kereta barang bijih besi stasioner.

Setelah menabrak, sebagian gerbong Coromandel Express keluar dari rel dan terguling. Beberapa gerbongnya menabrak kereta ekspres lain yang melintas di jalur paralel dengan arah yang berlawanan sehingga kereta tersebut juga keluar dari rel dan terjadi kecelakaan kereta api maut besar.

Baca Juga  Jadi Kota Terdingin di Dunia, Yakutsk Makin Diminati Turis

Akibat dari peristiwa yang terjadi di Stasiun Bahanaga Bazar, Balasore, Odisha, India Timur ini, sebanyak 288 orang dilaporkan tewas.

2. Februari 2023, Yunani

Pada bulan kedua 2023 ini, Yunani mengalami kecelakaan kereta api terburuk bagi negaranya. Tabrakan kereta barang dan kereta penumpang di rute antara Athena dan Thessaloniki menewaskan 57 orang.

3. Maret 2022, Republik Kongo

Sebuah kereta barang yang memuat penumpang gelap tergelincir di provinsi Lualaba, Republik Demokratik Kongo. Akibatnya, sekitar 75 orang tewas dan 125 orang luka-luka. Sebulan kemudian, sedikitnya delapan orang tewas akibat kereta barang tergelincir di kawasan yang sama.

4. Juni 2021, Pakistan

Sebuah kereta yang melaju serta melewati lahan pertanian tergelincir dan menabrak kereta penumpang lain di Sindh, Pakistan bagian selatan. Akibatnya, sekitar 63 orang dilaporkan tewas.

Baca Juga  Ajak Golkar Gabung ke Koalisi Perubahan, Elite PKS Silaturahmi

5. April 2021, Taiwan

Pada April 2021, kereta penumpang di Taiwan bertabrakan dengan truk yang tergelincir di tanggul sekitar kota Hualien. Akibat salah satu kecelakaan kereta api maut terburuk di Taiwan dalam beberapa dekade terakhir ini, sekitar 49 orang tewas dan 200 lainnya luka-luka.

6. Oktober 2019, Pakistan

Berbeda dengan kecelakaan kereta api lainnya yang bertabrakan, kereta yang membawa jemaah haji di dekat kota Lahore, Pakistan ini mengalami kebakaran dan menewaskan setidaknya 74 orang.

Selain itu, kereta yang dilaporkan penuh dengan penumpang ini juga membuat lebih dari 40 orang luka-luka.

7. Oktober 2016, Kamerun

Sebuah kereta api di Kamerun dengan rute Yaounde-Douala tergelincir dan menewaskan setidaknya 79 orang.

Baca Juga  Hampir 3 Ribu Orang Tewas di Konflik Israel dan Hamas Palestina

Menurut hasil penyelidikan, kereta yang turut membuat sekitar 550 orang luka-luka itu melaju dengan kecepatan yang “tidak normal” sebelum kecelakaan terjadi.

8. April 2014, Republik Kongo

Sebuah kereta barang yang membawa ratusan penumpang ilegal keluar dari jalur rel di bagian selatan Republik Demokratik Kongo yang berawa-rawa dan tidak dapat diakses.

Akibat peristiwa ini, sekitar 136 orang tewas dan sebagian besar di antaranya dimakamkan di kuburan massal terdekat.

9. Juli 2013, Spanyol

Pad 24 Juli 2013 silam, sekitar 80 orang tewas dan 140 orang luka-luka akibat kereta berkecepatan tinggi menabrak dinding beton dekat kota barat laut Santiago de Compostela, Spanyol.

Dilaporkan, kereta tersebut mendekati tikungan dengan kecepatan dua kali lipat lebih dari batas yang telah ditentukan.(*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles