Jumat, Desember 1, 2023

PSSI : JIS Layak untuk Laga Timnas Indonesia Lima Tahun Lagi

Indonesiadaily.net – PSSI kembali mengeluarkan statemen mengejutkan tentang kelayakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk menggelar laga kandang Timnas Indonesia.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan, Stadion JIS kemungkinan baru layak untuk menggelar pertandingan timnas pada tiga atau lima tahun ke depan.

Ada beberapa catatan dari PSSI sampai akhirnya menyebutkan hal tersebut. Pertama adalah soal akses bis. Kedua, arus keluar masuk dari dan ke stadion.

“JIS itu hanya satu pintu untuk masuk ke stadion dengan kapasitas 80 ribu. Kemudian jumlah parkir mobil 600-800 maksimalnya. Kemudian kita juga tahu jika di luar stadion itu ada kawasan pemukiman yang sangat padat dengan jalan yang sempit,” tuturnya.

Baca Juga  Wajib Belajar Jadi 13 Tahun, PAUD Jadi Pendidikan Formal

“Kemudian ada beberapa pagar pembatas lantai 2 dan 3 yang Anda lihat sendiri itu tidak terlalu kuat, itu bahaya sekali kalau event sepak bola terlebih yang main timnas,” katanya.

Hal-hal tersebut yang tidak memungkinkan untuk JIS dijadikan lokasi pertandingan Timnas Indonesia, khususnya FIFA Matchday.

“Curacao menjadi salah satu negara yang terkuat di Amerika Latin yang kita tahu rangkingnya kurang lebih 80an. Maka tentu ini hal-hal yang ingin kita jaga dan tentu saat pertandingannya dimonitor oleh FIFA,” ujarnya menambahkan.

Stadion JIS mulai dibangun pada 14 Maret 2019. Stadion berkapasitas 82 ribu penonton mulai diresmikan pada 24 Juli 2022. Biaya pembangunannya dikabarkan mencapai lebih dari Rp 4 triliun.

Baca Juga  Lima Film Luar Negeri yang Terinspirasi dari Keindahan Indonesia

Sebelumnya Stadion JIS ini digunakan untuk menggelar turnamen International Youth Championship pada April 2022 yang pesertanya Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, Bali United U-18 dan tim All Stars U-20. Kemudian laga Persija Jakarta vs Chonburi FC (klub asal Thailand) saat Grand Lauching Stadion pada 24 Juli lalu. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Perumda Tirta Kahuripan

Latest Articles