Senin, April 15, 2024

PSSI Ajukan 4 Stadion untuk Piala Asia 2023, Salah Satunya JIS

Indonesiadaily.net – Ada empat stadion yang diajukan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Berdasarkan penjelasan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, keempat stadion tersebut yakni, Stadion Pakansari (Cibinong), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), dan Jakarta Internasional Stadium (Jakarta). 

Keempat stadion itu sudah dikomunikasikan PSSI ke AFC ketika memutuskan untuk ikut bidding menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Yunus Nusi mengatakan, ada beberapa pertimbangan dalam pemilihan stadion yang didaftarkan ke AFC. Lantaran, Piala Asia 2023 waktu pelaksanaannya berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023, dimana Indonesia juga menjadi tuan rumahnya.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Baca Juga  BTS ARMY Kumpulkan Rp 420 Juta untuk Penggalangan Dana Tragedi Kanjuruhan

Ada enam venue yang dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023 yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Sementara untuk Piala Asia 2023 digelar pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023.

“Iya sudah kami masukan semuanya ada Stadion Pakansari, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Patriot, JIS, dan itu venue-venue yang sangat memungkinkan karena tidak dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023,” ucap Yunus Nusi.

Yunus Nusi mengatakan, sebenarnya ada beberapa stadion bertaraf internasional yang juga didaftarkan PSSI selain empat venue di atas.

Baca Juga  Ini Tiga Alasan Pemerintah Menerapkan TV Digital di Seluruh Indonesia

AFC juga meminta kepada PSSI agar satu bulan sebelum Piala Asia 2023 dimulai stadion-stadion yang dipakai harus sudah selesai semuanya pembenahannya.

“Salah satu persyaratannya satu bulan sebelum event harus sudah selesai, sementara kami ada Piala Dunia U-20 2023. Maka apabila hambatannya itu kami bisa mengajukan untuk menggunakan stadion-stadion yang bukan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023,” kata Yunus Nusi.

Oleh karena itu, PSSI memutuskan untuk tidak mendaftarkan stadion-stadion Piala Dunia U-20 2023 menjadi venue Piala Asia 2023.

Selain empat stadion di atas, Yunus Nusi tidak mau menyebutkan nama-nama venue lainnya.

“Kami ajukan beberapa stadion yang representatif kalau tidak salah ada 10 lebih,” ucap Yunus Nusi.

Baca Juga  Polri Sampaikan Hasil Pemeriksaan Soal Private Jet Hendra Kurniawan Hari Ini

Persaingan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Indonesia mesti bersaing dulu dengan Qatar dan Korea Selatan yang juga ingin menjadi tuan rumah di event sepak bola terbesar di Asia.

Sebenarnya ada Australia yang juga mengajukan diri, namun mereka memutuskan mundur.

Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia pada 2007 itu pun bersama dengan Thailand, Vietnam, dan Malaysia. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles