Senin, Juni 17, 2024

Prodi Pendidikan Profesi Guru BK Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Ajak Anak Binaan Berkreasi dan Terampil

 

Indonesiadaily.net – Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerjasama dengan Lembaga Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan mengajak anak-anak Pembinaan Khusus Anak (LKPA) Kelas II Yogyakarta berkreasi dan terampil dalam membuat karya. Kali ini, mereka diberi kesempatan membuat kerajinan tegel coral sikat. Seperti apa kerajinan yang dibuat tersebut? Berikut penjelasannya.

“Pemberian pelatihan pembuatan tegel coral sikat tidak hanya membekali anak-anak binaan mengenai keterampilan saja namun juga membantu mereka menyalurkan kelebihan energi dan mengekspresikan emosi yang dirasakan,” ujar mahasiswa PPG Prajabatan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Azzahra Hanurita Elfani.

Baca Juga  'Market Day' SMPN 19 Depok yang Bersahabat dengan Lingkungan

Ia menambahkan pengabdian masyarakat fokus pada pendampingan guna mempersiapkan anak-anak binaan untuk kembali ke masyarakat dengan
dengan bekal berbagai keterampilan yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup anak – anak binaan di kemudian hari.

Dirinya menyebutkan, keterampilan yang diberikan adalah pelatihan pembuatan tegel coral sikat. Dengan keterampilan pembuatan ini diharapkan bisa digunakan oleh anak- anak binaan sebagai salah satu alternatif karir dimasa depan.

Pelaksanaan pelatihan pembuatan tegel coral sikat sendiri telah dilaksanakan pada Jumat, 23 Februari 2024 di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta.

Azzahra mengungkapkan melalui pelatihan pembuatan tegel coral sikat efektif dalam membantu pencapaian tugas perkembangan anak-anak binaan.

Baca Juga  Proyek Strategis Nasional Banyak yang Tidak Dilanjut, Ini Daftaranya

“Terbukti dengan hasil perhitungan skala mengenai kesiapan karir dimana terjadi kenaikan skor antara pre-test dan post-test yang telah dilakukan selama kegiatan,” jelasnya.

Dalam kegiatan membuat tegel coral sikat terdapat tahap menyusun batuan coral agar menjadi bentuk yang indah. Proses penyusunan batuan coral menjadi berbagai bentuk tersebut dapat digunakan sebagai media bagi anak –anak binaan untuk
mengekspresikan emosi maupun permasalahan yang tidak mampu disampaikan secara verbal.

“Anak binaan yang berada dalam Lapas mungkin saja mengalami tekanan yang menimbulkan stres akibat proses adaptasi terhadap perubahan lingkungan yang berbeda,” ungkapnya.

Untuk itu kegiatan selanjutnya yang akan dikembangkan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan di LPKA Kelas II Yogyakarta adalah pemberian art therapy (terapi seni) bagi anak.

Baca Juga  Kasus Mutilasi di Papua oleh TNI Dianggap Pelanggaran HAM, DPR Diminta Bentuk Tim Khusus

“Mereka bisa mengeksplorasi diri dan menyalurkan emosi yang dirasakan dengan menggunakan media seni kreatif dengan tujuan menciptakan anak binaan yang mandiri, sehat dan mampu mencapai aktualisasi diri,” terang Azzahra.

Career planning (perencanaan karir) merupakan salah satu tugas perkembangan remaja yang harus dicapai secara optimal agar remaja mampu mempersiapkan masa depan dan mencapai aktualisasi diri.(*)

Penulis : Hari Sutanta


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles