Senin, Juni 17, 2024

PKM, Tim Dosen USBI Latih Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Arrohmah Bogor Manajemen Organisasi

Indonesiadaily.net – Mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi, Tim Dosen dan Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pelatihan untuk pengurus Yayasan Pendidikan Islam Arrohmah Kota Bogor, Selasa (7/3/2023).

Kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Manajemen Organisasi Pada Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Arrohmah Kota Bogor’ dilakukan secara tatap muka dan berkelompok.

Salah satu kelompok berasal dari Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yang diketuai Vina Islami, S.pi, M.M.

Adapun dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat tersebut, yakni Vina Islami, S.pi, M.M sebagai Ketua pelaksana, Syahrir, S.Sos, M.M sebagai tutor, Rani, S.Pd, M.M dan Aris Kurniawan, SE,M.M sebagai anggota, serta dibantu dua mahasiswa Program studi Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika, yaitu Auliachalis Ayuningtyas dan Aisyah Seviyani.

Baca Juga  Emas Tim Indonesia di SEA Games 2023 Sesuai Target Presiden, CdM : Menangkan Medali Lebih Banyak

Vina Islami menerangkan, PKM diawali dengan pembukaan moderator dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Aza Hasanudin, S.E, M.M, Ak dan dilanjutkan sambutan dari Muhammad Yusuf Taufik, S.Pdi Selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah (Mts).

“Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas terjalinnya kerjasama dengan UBSI dalam hal pengabdian masyarakat dan mengharapkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini Pengurus Yayasan Arrohmah dapat mengambil manfaat dari materi yang diberikan tutor,” tutur Vina.

Karena, sambung Vina, manajemen organisasi sangat dibutuhkan dalam mengelola sebuah yayasan pendidikaan agar menjadi sebuah lembaga pendidikan yang profesional dan dapat meningkatkaan mutu pelayanan dan pendidikan kepada masyarakat.

“Harapan lain yang disampaikan beliau adalah kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan materi-materi yang lain yang dibutuhkan. Acara dilanjutkan dengan dengan penyampaian materi pelatihan yang disampaikan tutor, yaitu Bapak Syahrir, S.Sos, M.M,” kata Vina.

Baca Juga  Farhat Abbas Ambil Formulir Bacawalkot di Gerindra Bogor, Begini Ucapannya

Vina menerangkan, Yayasan Pendidikan Arrohmah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang mengelola Pendidikan Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan pengurusnya adalah orang-orang yang menempati struktur dalam organisasi yayasan dan menjalankan fungsinya sesuai dengan jobdesk-nya.

“Peningkatan kinerja pengurus sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan yayasan dalam mencapai tujuannya. Untuk itu perlu dilakukan pelatihan manajemen organisasi bagi pengurus yayasan,” papar Vina.

Kata dia, dengan semakin baik keterampilan manajemen organisasi yang dimiliki para pengurus maka akan meningkatkan kinerja mereka dan selanjutnya membuat yayasan dapat menyelenggarakan pendidikan yang semakin baik pula.

“Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan baik di mana peserta sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam menyerap materi yang diberikan, hal ini terlihat dari interaksi tanya jawab yang terjadi. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan bisa dilanjutkan dengan tema-tema pelatihan lainya sesuai dengan kebutuhan Pengurus Yayasan Arrohmah,” ucap Vina. (*)


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles