Kamis, Juli 18, 2024

Pilih Mana Pertalite atau Pertamax? Berikut Perbedaan Kualitasnya

Indonesiadaily.net – Kenaikan harga BBM subsidi, sedikit banyak mempengaruhi masyarakat dalam memilih BBM yang akan digunakan. Sebelum memilih, ada baiknya mengetahui perbedaan Pertalite dan Pertamax.

Sekarang ini harga Pertalite adalah Rp 10.000/liter, sedangkan Pertamax kini dihargai Rp 14.500/liter.

Dikutip dari lifepal, Selasa 6 September 2022, berikut merupakan perbedaan Pertalite dan Pertamax.

  1. Nilai Oktan

Pertalite dan Pertamax memiliki oktan yang berbeda. Pertalite memiliki research octane number (RON)90 sedangkan Pertamax RON 92. Angka ini menunjukkan bahwa besaran tekanan yang bisa diberikan sebelum pembakaran secara spontan. Angka oktan yang tinggi membuat pembakaran menjadi lebih sempurna dan tidak meninggalkan residu.

Bagi kendaraan yang memiliki kompresi tinggi lebih cocok menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Jadi kalian tinggal mencocokkan bahan bakar mana yang tepat untuk kendaraan yang diguna

  1. Kompresi Mesin
Baca Juga  Pemkot Tangsel Bersih-Bersih Kali Angke

Kompresi mesin juga bisa dijadikan patokan perbedaan Pertalite dan Pertamax. Pertamax dirancang untuk kendaraan yang mempunyai mesin kompresi lebih dari 10:1 hingga 10,9:1.

Jenis BBM ini cocok untuk jenis kendaraan yang saat ini diproduksi APM khususnya untuk keluaran tahun 2000-an. Sedangkan Pertalite cocok digunakan untuk jenis kendaraan dengan kompresi mesin 9:1 sampai dengan 10:1 yang memiliki kebutuhan RON 90.

  1. Tingkat Polusi

Setiap bahan bakar memiliki tingkat polusi yang berbeda berdasarkan kualitas dari bahan bakar tersebut. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi nilai oktan dari sebuah BBM maka semakin kecil polusinya. Oleh karena itu, kalau dilakukan komparasi Pertalite dan Pertamax maka Pertalite lebih berpolusi dibanding Pertamax.

  1. Warna Cairan
Baca Juga  Pemilu 2024, Megawati Usulkan Nomor Partai Tidak Diubah

Warna cairan merupakan salah satu perbedaan paling mendasar karena Pertalite dan Pertamax memiliki warna yang berbeda. Pertalite biasanya berwarna hijau terang dan bening sedangkan Pertamax berwarna kebiruan.

Pewarnaan bahan bakar dilakukan untuk membedakan jenis BBM. Selain itu, pewarnaan BBM juga dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan seperti pengoplosan, penipuan, dan lainnya.

  1. Harga

Perbedaan Pertalite dan Pertamax yang terakhir yaitu harga. Pertalite memiliki harga yang lebih murah dari Pertamax. Hal itu merupakan salah satu keuntungan menggunakan Pertalite.

Meskipun harga Pertamax sedikit lebih mahal, Pertamax memiliki kelebihan yaitu kemampuan membersihkan dan melindungi mesin dengan formula PERTATEC (Pertamina Technology). Adanya PERTATEC dapat menjaga mesin dari karat serta pemakaian bahan bakar lebih efisien. Perlu diketahui juga bahwa semakin tinggi nilai oktan suatu BBM maka semakin tinggi pula harga jualnya. (*)

Baca Juga  Beralasan Situasi Ekonomi Global, Shopee Indonesia PHK Beberapa Karyawan

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles