News  

Pemerintah Siapkan Rp476 T untuk Bansos 2023, Ini Programnya

ilustrasi bansos pekerja
Ilustrasi bansos pekerja

Indonesiadaily.net – Pada 2023 pemerintah telah menyiapkan anggaran bantuan sosial (bansos) sebanyak Rp476 triliun yang akan masuk dalam  APBN. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ya, bantuan kepada warga yang membutuhkan akan kembali digulirkan pemerintah pada tahun depan. Sejumlah bansos ini nantinya akan disalurkan sebagai dukungan sosial kepada masyarakat yang tergolong penerima bantuan.

“Perlindungan sosial, APBN pelindung masyarakat, shock absorber, sebesar Rp 476 triliun,” kata Sri Mulyani dalam penyampaian Daftar Isi Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2023 di Istana Negara kemarin, seperti dilansir dari Suara.com.

Dia mengatakan, anggaran itu nantinya akan dipecah melalui pemerintah pusat sebesar Rp 454,7 triliun, transfer ke daerah (TKD) sebesar Rp 17 triliun, dan pembiayaan Rp 4,3 triliun.

Baca Juga  Mahfud MD : Setiap Pemilu Pasti Ada Kecurangan, Termasuk Zaman SBY

Berdasarkan keterangan resmi dari Kemenkeu, pemerintah terus mendorong pertumbuhan ekonomi, tidak terkecuali perlindungan sosial untuk masyarakat pasca COVID-19.

Terlebih, Presiden Jokowi beberapa kali menyinggung ancaman krisis ekonomi tahun 2023 yang dikhawatirkan semakin memburuk dampak pemulihan yang belum maksimal, ketegangan politik Rusia dan Ukraina, perang dagang AS dan China hingga kenaikan harga komoditas.

Diperlukan akselerasi data agar perlindungan sosial ke depan semakin responsif dan akurasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Anggaran ini nantinya akan dialokasikan melalui Kementerian Sosial dalam bentuk Program Keluarga Harapan dan Program Kartu Sembako

Sementara melalui Kementerian Sosial akan disalurkan melalui bantuan iuran bagi 96,8 juta peserta PBI JKN dan Kemendikbud Ristek dalam bentuk Program Indonesia Pintar serta Program KIP Kulia

Baca Juga  249.740 Pekerja Tidak Dapat BSU, Ini Solusi dari Kemnaker

Terakhir, penyaluran melalui Kementerian Agama dengan Program Indonesia Pintar. Sejumlah program bantuan yang telah dilasanakan pada tahun sebelumnya diketahui kembali dijalankan pada 2023. Program-program bantuan tersebut diharapkan mampu membantu masyarakat.(*)

 

Editor: Nur Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *