Senin, April 15, 2024

Pemerintah Kucurkan Rp 30 Triliun untuk Bantu Rakyat Miskin Beli Rumah

Indonesiadaily.net – Pemerintah sedang menyiapkan anggaran sebesar Rp30 triliun melalui kebijakan maupun kredit bersubsidi (FLPP) untuk membantu masyarakat membeli rumah pada tahun ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, anggaran tersebut berasal dari APBN yang disalurkan ke Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Menurut Sri Mulyani, APBN telah bekerja keras untuk memberikan manfaat kepada berbagai segmen masyarakat yang membutuhkan, di antaranya untuk menolong masyarakat berpenghasilan rendag (MBR) atau rakyat miskin agar dapat memiliki hunian yang terjangkau dengan target tahun ini sebanyak 200 ribu unit rumah.

Sampai Juni 2022, telah tercapai target 49,78 persen dari total 200 ribu perumahan bagi MBR.

Baca Juga  Anies Baswedan yang Sudah Ubah Beberapa Istilah di Jakarta, dari RSUD Sampai Nama Jalan

Sementara itu, Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo mengatakan, SMF menggunakan dana PMN yang diterima dan kemudian dikombinasikan melalui penerbitan surat utang (leverage) untuk menjalankan program tersebut.

Sejak Agustus 2018 hingga Juni 2022, SMF telah berhasil menyalurkan dana KPR FLPP sebesar Rp11,2 triliun untuk 318.413 unit rumah.

Ia menegaskan, hal tersebut merupakan wujud dari kehadiran negara untuk mendukung pemilikan rumah bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya MBR dana yang dialirkan untuk KPR subsidi ini berasal dari APBN yang digunakan sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Adapun manfaat program KPR FLPP banyak dirasakan oleh MBR di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Salah satunya, Yuni Masruroh, perempuan yang berprofesi sebagai marketing di salah satu perusahaan kosmetik di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Baca Juga  Ini Bukti Indonesia Pernah Ikut Piala Dunia, Bahkan Sempat Cetak Gol

Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah karena bisa mewujudkan mimpi untuk memiliki rumah impiannya.

Setelah, selama 15 tahun hidup berpindah-pindah, kini rumah yang Yuni tempati di komplek perumahan subsidi Perum Delta Asri, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, digunakan pula sebagai tempat usaha depot isi ulang air mineral galon untuk membantu menopang ekonomi keluarga yang cukup tergerus karena dampak pandemi. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles