Senin, Juni 17, 2024

Metanesia Jadi Ekosistem Metaverse Pertama di Indonesia

Indonesiadaily.net – Metanesia menjadi ekosistem Metaverse pertama di Indonesia yang diluncurkan PT Telkom Indonesia (Persero).

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, dengan adanya Metanesia menjadi langkah pasti dari BUMN dalam mengakselerasi ekosistem digital yang terintegrasi. Jadi, BUMN selalu mengikuti perkembangan zaman.

“Jangan sampai nanti negara-negara lain sudah membuat dunia baru dengan sistem pembayaran sendiri, marketnya tetap di Indonesia, lalu baru kita menyesal. Kita harus menyeimbangkan perubahan dari ekosistem ini, salah satunya Metanesia untuk melihat bagaimana demografi kita yang semakin muda dan cara kehidupan mereka berbeda, kita harus lakukan adaptasi ini,” ujar Erick.

Mantan Presiden Inter Milan tersebut menilai Metanesia menjadi sinergi kekuatan yang ada di BUMN, UMKM, dan swasta dalam membangun dunia baru yang tetap saling menguntungkan. Erick ingin kehadiran dunia baru ini menjadi peluang bagi UMKM naik kelas.

Baca Juga  Ir. Sutami, Menteri Termiskin yang Dipercaya Dua Presiden

“Jangan sampai dengan dunia baru ini UMKM dihapuskan karena fondasi bangsa kita jelas ekonomi kerakyatan, dunia baru ini justru mempermudah akses pasar dan pendampingan UMKM agar bisa menjadi kekuatan di dunia baru,” ucap Erick.

Dengan kerja sama dan kolaborasi banyak pihak, Erick menilai Indonesia mampu membantu UMKM. Seperti yang sudah dilakukan Sarinah, dengan kurasi yang ketat, kini produk-produk UMKM bisa tampil dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk asing.

“Sekarang Sarinah luar biasa, pengunjungnya dalam empat bulan sudah mencapai lima juta orang, apalagi Metanesia, satu bulan bisa 20 juta pengunjung, asal produk-produknya unik,” lanjut Erick.

Dalam Metanesia, ucap Erick, PT Bio Farma dapat memberikan kemudahan konsultasi kesehatan secara daring. Tak hanya itu, Erick berharap Telkom membuat sesuatu yang berbeda dalam Metanesia.

Baca Juga  Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Geber Inovasi dan Optimalisasi Pelayanan

“Kita punya kekuatan sendiri, Telkom bikin dunia baru tapi hanya untuk BUMN, tidak boleh, kita tidak boleh jadi menara gading, kita harus rangkul UMKM dan swasta menjadi bagian kita bersama sebagai ekosistem Indonesia,” kata Erick menambahkan. (*)

 

Editor : Fenilya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles