Kamis, Juli 25, 2024

Merinci Kekuatan Militer Iran dengan Israel Setelah Serang Gaza

Indonesiadaily.net – Militer Iran siap siaga balas serangan Israel ke Gaza, Palestina, sejak pekan lalu dan menewaskan puluhan orang.

Menanggapi serangan ini, Iran mulai menyiagakan militer untuk membalas mereka. Jika melihat data, bagaimana perbandingan militer Iran dan Israel?

Kepala Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), Mayor Jenderal Hossein Salami mengatakan pasukan mereka siap membantu warga Palestina.

“Hari ini, semua kemampuan jihad anti-Zionis berada di lokasi dalam formasi bersatu yang berjuang membebaskan Yerusalem, dan menegakkan hak-hak rakyat Palestina. Kami bersama kalian di jalan ini hingga akhir. Palestina dan rakyat tahu mereka tak akan sendiri,” kata Salami dikutip AFP pada Sabtu 6 Agustus 2022.

Bagaimana perbandingan militer kedua negara ini?

Menurut situs yang menampilkan kekuatan militer dunia, Global Fire Power per Agustus 2022, dari 142 negara, Iran menduduki peringkat ke-14, sementara Israel di posisi ke-18.

Baca Juga  Jelang Ramadan Harga Cabai Naik, Bahan Pokok Stabil di Depok

Iran menggelontorkan anggaran pertahanan sebanyak US$5 miliar atau sekitar Rp336 triliun.

Dari segi jumlah personel, Iran memiliki 1 juta lebih personel. Dari jumlah ini, mereka yang aktif sebanyak 575 personel, dan pasukan cadangan tercatat 350 ribu jiwa.

Sementara itu, untuk kekuatan Angkatan udara Iran mempunyai total aset pesawat hingga 543 unit dengan rincian 96 unit pesawat pelatih, helikopter penyerang 12 unit, pesawat tempur 197 unit, pesawat khusus 9 unit, tanker fleet 7 unit, helikopter 126 unit, pesawat transportasi 85 unit, dan yang didedikasikan untuk menyerang sebanyak 23 unit.

Untuk kekuatan Angkatan Darat, pasukan Teheran mempunyai 2.831 unit tanker, roket proyektor sebanyak 2.485 unit, kendaraan lapis baja 7.600 unit, self propelled artileri 1,030 unit. dan artileri tambak 2.108 unit.

Baca Juga  How to Interview an Investor Relations Analyst

Angkatan Laut Iran memiliki total aset hingga 142 unit. Di antaranya 7 frigat, satu unit perang ranjau, tiga corvet, 19 kapal selam, dan 66 kapal patroli. Mereka tak memiliki kapal perusak, helikopter dan pengangkut.

Sementara itu, Israel memiliki anggaran pertahanan yang lebih banyakm, yakni mencapai Rp1.196 triliun.

Dari sisi jumlah personel, Israel memiliki 646 ribu personel militer. Dari jumlah ini, personel militer yang aktif sebanyak 173 ribu, dan personel cadangan mencapai 465 ribu.

Dari sisi kekuatan Angkatan Udara, Israel memiliki total pesawat tempur sebanyak 597 unit, pesawat pelatih 153 unit, dan helikopter penyerang ada 48 unit.

Selain itu, mereka juga memiliki pesawat tempur 241 unit, pesawat misi khusus 23 unit, dan tanker 11 unit, kendaraan transportasi 15 unit dan helikopter sebanyak 127 unit.

Baca Juga  Ini Penjelasan PJ Kepala Daerah Bisa Mutasi dan Berhentikan ASN

Sementara itu, untuk kekuatan Angkatan Darat, total tank yang mereka miliki sebanyak 1.900 unit, proyektor roket 48 unit, kendaraan lapis baja 8.044 unit, self propelled artileri 650 unit, dan artileri tarik 300 unit.

Di sektor Angkatan Laut, Israel memiliki kapal selam 5 unit, korvet 7 unit, kapal patroli 45 unit. Tel Aviv tak mempunyai kapal perusak, frigate, helikopter pengangkut, dan kapal perang ranjau. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan