Senin, April 15, 2024

Mengenal La Campana, Restoran Tertua di Dunia yang Berusia 506 Tahun

 

Indonesiadaily.net – La Campana merupakan restoran tertua di dunia yang berada di Roma, Italia. Berdiri sejak tahun 1518 dan masih buka hingga sekarang. Restoran ini menyajikan menu klasik khas hidangan Romawi, seperti cacio e pepe dan carciofi alla giudia, dikutip dari Tasting Table.

Kedua sajian khas Romawi ini termasuk hidangan paling populer yang sering dipesan pengunjung di tempat ini. Penampilan restoran tampak klasik dan khas, beralaskan lantai keramik dengan dekorasi sederhana, dan meja-meja yang bertutup taplak putih.
Di dalam La Campana, terdapat foto kakek buyut sang pemilik yang menghiasi dinding restoran.

Restoran ini terletak di pusat kota bersejarah dan telah menjadi favorit penduduk lokal maupun turis selama berabad-abad, dikutip dari The Oldest. La Campana terkenal dengan masakan Italia tradisional dan modernnya yang lezat. Restoran ini juga menyajikan hidangan tradisional yang dibuat dengan bahan-bahan lokal paling segar.

Baca Juga  Deretan Striker Legendaris AC Milan yang, Dua Diantaranya Peraih Ballon d'Or

Beberapa hidangan paling populer termasuk hidangan pasta klasik, seperti spaghetti alla carbonara dan cacio e pepe. Selain itu, La Campana menyajikan hidangan daging yang lezat seperti saltimbocca alla romana dan osso buco.

Kabarnya, pasta olahan La Campana adalah menu “abadi” yang sudah disajikan sejak pertama resto berdiri hingga kini. Restoran tersebut juga menyediakan ruang makan pribadi yang beberapa kali pernah digunakan oleh pemimpin gereja Katolik, Paus Paulus.

Baru-baru ini dalam suatu dokumen perpajakan, terungkap bahwa resto ini sudah didaftarkan sejak tahun 1518, dikutip dari Tasting Table, Jumat. Uniknya lagi, mereka yang mendaftarkan pada tahun tersebut mencantumkan alamat yang sama persis dengan lokasi restoran saat ini.

Baca Juga  Laparoskopi di RSU Bunda Margonda Jadi Solusi Kesehatan

Setelah divalidasi lebih lanjut, catatan sejarah tersebut menunjukkan bahwa La Campana tidak hanya sebagai bisnis paling senior di Roma. Dokumen tersebut sekaligus membuktikan bahwa La Campana merupakan restoran tertua di dunia

Sebelumnya, penghargaan tersebut dipegang oleh Restaurante Botín di Madrid yang telah beroperasi sejak tahun 1725. Pengelola La Campana menyatakan bahwa mereka ingin mendapatkan gelar tersebut secara resmi dan diverifikasi oleh Guinness Book of World Records.

La Campana terletak di pusat bersejarah kota, tepatnya dekat gedung parlemen di Palazzo Montecitorio, Roma, Italia

Pemilik La Campana, keluarga Trancassini mengatakan bahwa banyak pelanggan terkenal yang datang ke restoran ini, mulai dari Caravaggio hingga Keith Richards, dilansir dari Wanted in Rome.

Baca Juga  6 Kuliner Asia Jadi Warisan Budaya Tak Benda, 3 Diantaranya dari Indonesia

Selama berabad-abad, resto ini telah melayani para bangsawan Belgia dan Spanyol, mantan presiden Italia Napolitano, Presiden Perancis Macron, aktris Anna Magnani, dan sutradara film Federico Fellini. Bahkan, novelis dan sastrawan terkenal Johann Wolfgang von Goethe pernah menggambarkan kunjungannya ke La Campana pada tahun 1787. Saat itu, Goethe bertemu dengan putri pemilik La Campana yang bernama Faustina dan tercatat dalam bukunya dengan judul Italian Journey.(*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles