Kamis, Juli 25, 2024

Melihat Koleksi di Garasi Menteri ‘Terkaya’ dan ‘Termiskin’ Kabinet Jokowi

Indonesiadaily.net – Menteri di Indonesia adalah jabatan publik yang mentereng. Menteri kerap diisi orang-orang belatar belakang ekonomi yang mumpuni pula.

Melihat dari segi ekonomi, ada Sandiaga Uno dan Teten Masduki yang berpredikat menteri ‘termiskin’ dan ‘terkaya’ dalam Kabinet Presiden Jokowi. Semua itu berdasarkan laporan harta kekayaan di LHKPN.

Di antara jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Joko Widodo, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi yang memiliki harta paling banyak.

Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu memiliki harta senilai Rp 10.617.085.468.830.

Meski hartanya mencapai Rp 10,6 triliun, tetapi koleksi mobil Sandiaga terbilang tidak mahal. Di bagian alat transportasi dan mesin, Sandiaga hanya mendaftarkan tiga mobil. Adapun ketiga mobil itu adalah Nissan Grand Livina, Nissan X-Trail, dan yang teranyar Toyota Corolla Cross Hybrid.

Baca Juga  Studi Sebut Wajah Bisa Tunjukkan Status Sosial, Ini Penjelasannya

Nissan Grand Livina Sandiaga merupakan lansiran tahun 2013 yang diperoleh dari hasil sendiri. Low MPV itu ditaksir memiliki harga Rp 95.000.000. Kedua adalah ada mobil senilai Rp 200.000.000, yakni Nissan X-Trail 2015. Sandiaga memang cukup setia dengan dua mobil merek Nissan itu. Bisa dilihat dua mobil Nissan di garasi rumah Sandiaga usianya tidak lagi muda.

Sedangkan yang terbaru adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Mobil bertenaga hybrid itu dipinang Sandiaga pada tahun 2021 dari hasil sendiri dan nilainya ditaksir Rp 480.000.000. Kata Sandiaga, Corolla Cross Hybrid itu dibeli lantaran Nissan Livina kepunyaannya sudah cukup tua. Kalau ditotal, ketiga mobil Sandiaga itu totalnya Rp 775.000.000.

Baca Juga  Jangan Sembarangan Parkir, Berikut 12 Lokasi yang Dilarang Pemerintah

Memiliki harta berlimpah memang tidak melulu disandingkan dengan mobil dengan banderol fantastis layaknya Sandiaga.

Kalau ada menteri ‘terkaya’ tentu juga ada menteri ‘termiskin’ di Kabinet Indonesia Maju jilid II. Bila merunut secara harta, menteri dengan gelar ‘termiskin’ ditempati Teten Masduki.

Sekadar perbandingan dari sisi kendaraan yang dimiliki, Teten mendaftarkan ada dua kendaraan yaitu Toyota Fortuner tahun 2014 dan Daihatsu Xenia lansiran 2011. Baik Fortuner maupun Xenia yang didaftar Teten itu, masing-masing diperoleh dari hasil sendiri. Saat ini bila ditotal dua kendaraan yang dilaporkan Teten memiliki ditaksir punya nilai Rp 492.700.000. (*)

 

Editor : Pebri Mulya


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles

Perumda Tirta Kahuripan