Senin, April 15, 2024

Manfaat Pisang Dikonsumsi Saat Berbuka dan Sahur, Apa Saja?

Indonesiadaily.net – Pisang sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka tak heran, jika pisang jadi salah satu buah yang bagus dikonsumsi saat menjalankan puasa Ramadan. Bahkan, buah ini juga disebutkan dalam Al Quran.

Seperti dilansir dari The Healthy Muslims, buah pisang disebut di dalam Surat Al Waqiah ayat 27-33. Dalam ayat tersebut secara umum menuliskan tentang buah-buahan yang dimakan oleh orang-orang di surga, di antaranya yang disebutkan adalah pisang.

Secara ilmiah, berbagai studi telah menunjukkan manfaat pisang untuk kesehatan. Pisang juga diketahui mengandung berbagai senyawa dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah pisang telah ditanam sejak zaman kuno, dan sumber nutrisi penting di dalam buah ini telah diketahui manfaat kesehatannya selama lebih dari satu abad.

Baca Juga  Empat Diet Terbaik yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Daftarnya

Dilansir dari WebMD yang dikutip dari Kompas.com, pisang berukuran sedang, kaya akan kalium. Mineral ini berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung. Manfaat makan makanan yang kaya akan kalium, seperti yang terdapat dalam buah pisang, dapat membantu tekanan darah, karena mineral tersebut membantu tubuh membuang natrium melalui urine.

Selain itu pisang juga mengandung banyak potasium. Senyawa ini memiliki berbagai peran untuk meningkatkan kesehatan tubuh, di antaranya dapat menurunkan risiko stroke, menjaga kesehatan tulang seiring bertambahnya usia, membantu kinerja otot menjadi lebih baik, membantu mencegah batu ginjal.

Tak hanya itu, potasium dalam buah pisang dapat menekan rasa haus, saat dikonsumsi saat sahur. Sehingga, dengan mengonsumsi buah pisang sebelum berpuasa atau saat makan sahur, dapat membantu Anda tetap terhidrasi untuk waktu yang lama. Selain itu, kandungan serat dan pati resisten dalam buah pisang sangat ideal untuk meringankan sistem pencernaan selama Anda berpuasa. Pati resisten ini juga akan membuat Anda merasa lebih kenyang.(*)

Baca Juga  Transgender Dating Site: Find TS Hookups Now

 

Editor : Nur Komalasari

 

 


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles