Manfaat dan Bahaya Makan Seafood, Sumber Protein Juga Mengandung Merkuri

Makan seafood manfaat
Ada manfaat dan bahaya makan seafood.

Indonesiadaily.net – Seafood adalah makanan yang terbuat dari hewan laut seperti ikan, udang, kepiting, cumi-cumi, dan kerang. Seafood adalah sumber protein yang baik, rendah lemak, dan kaya akan nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin D, vitamin B12, dan mineral seperti selen dan zat besi. Namun, makan seafood juga memiliki beberapa bahaya yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah beberapa manfaat dan bahaya makan seafood:

Manfaat Makan Seafood:

1. Sumber Protein yang Baik

Seafood merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan otot dan tulang.

2. Kaya Akan Asam Lemak Omega-3

Baca Juga  5 Dunia Kuliner yang Wajib Dicicipi Saat ke Indramayu

Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada seafood dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Kaya Akan Nutrisi

Seafood juga kaya akan nutrisi seperti vitamin D, vitamin B12, selen dan zat besi. Vitamin D dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi, sementara vitamin B12 diperlukan untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem saraf. Selen dan zat besi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahaya Makan Seafood:

1. Kandungan Merkuri

Beberapa jenis seafood, terutama ikan besar seperti hiu, marlin, dan tuna, dapat mengandung kadar merkuri yang tinggi. Pemaparan terus-menerus terhadap merkuri dapat menyebabkan kerusakan saraf dan organ tubuh lainnya.

Baca Juga  Rekomendasi Mi Ayam Enak di Jakarta, Penjelasan dan Alamatnya

2. Kandungan PCB

Beberapa jenis seafood juga dapat mengandung polychlorinated biphenyls (PCBs) yang dapat meningkatkan risiko kanker dan masalah kesehatan lainnya.

3. Bakteri dan Virus

Seafood dapat terkontaminasi oleh bakteri dan virus seperti vibrio dan norovirus. Bakteri dan virus ini dapat menyebabkan keracunan makanan dan infeksi pada sistem pencernaan.

Kesimpulannya, seafood dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi dan protein. Namun, terdapat beberapa bahaya yang perlu diperhatikan seperti kandungan merkuri dan PCB yang tinggi, serta risiko terkena infeksi bakteri dan virus. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah seafood yang segar dan terjamin kualitasnya serta hindari seafood yang sudah kadaluwarsa. Jangan lupa untuk memasak seafood dengan benar dan bersih untuk menghindari infeksi bakteri dan virus. (*)

Baca Juga  Tanpa Olahraga, Cara Ini Bisa Kecilkan Perut

 

Editor : Pebri Mulya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *