Senin, April 15, 2024

Manfaat Baca Buku Baik untuk Kesehatan Mental Anak

 

Indonesiadaily.net – Saat orangtua mengenalkan buku sejak dini pada anak, muncul interaksi positif antara anak dan orangtua, yang sangat baik bagi kesehatan mental anak. Hal ini adalah bagian dari lingkungan keluarga yang penuh kasih sayang.

“Banyak hal memengaruhi tapi kebiasaan membaca bisa salah satu cara bisa mengembangkan kesehatan mental yang baik bagi anak, (secara) sosial dan emosional,” ujar Anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr.dr.Hesti Lestari Sp.A(K) seperti dikutip dari Kompas.com.

Selain karena terbangunnya interaksi positif antara anak dan orangtua selama membaca, buku yang dibacakan juga bisa memberikan pesan moral khusus. Rutinitas ini juga bisa membantu anak membangun respons atas kejadian yang dihadapinya lewat cerita yang ditemui dalam buku. Hal ini seiring waktu juga memberikan dampak positif terhadap kehidupan sosialnya kelak.

Baca Juga  Awas! Empat Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Wajah Cepat Tua, Apa Saja?

“Orangtua mengajarkan itu bisa lewat mendongeng. Dianjurkan dia memilih buku, diajarkan. Tentu saja memengaruhi kesehatan mental,” tuturnya.

Sebaliknya, jika anak hidup di bawah ketakutan dan kekerasan yang dibangun dalam keluarga, maka situasi tersebut rentan membuatnya merasakan stres berkepanjangan. Pada akhirnya, stres berkepanjangan tidak hanya berpengaruh terhadap perkembangan mental dan emosi, tetapi juga pertumbuhan anak secara keseluruhan, termasuk fisik. (*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles