Senin, April 15, 2024

Lima Tsunami Paling Mematikan Sepanjang Sejarah, Ada yang dari Indonesia

 

Indonesiadaily.net – Tsunami adalah rangkaian gelombang laut dengan kecepatan hingga lebih dari 900 kilometer per jam yang utamanya disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut. Sepanjang sejarah, ada banyak tsunami yang telah menghantam sejumlah negara. Bahkan, beberapa di antaranya mendapatkan label sebagai paling mematikan karena menelan banyak korban. Lantas, apa saja tsunami yang paling mematikan dalam sejarah?

1. Sumatera, Indonesia (24 Desember 2004)

26 Desember 2004 adalah sejarah kelam yang tidak akan dilupakan masyarakat Aceh. Serambi Mekkah diguncang gempa berkekuatan magnitudo 9,1 dengan kedalaman 30 km. Zona patahan tersebut menyebabkan tsunami setinggi 30 meter dengan kecepatan mencapai 360 kilometer per jam. Menurut catatan Australian Geographic, tsunami ini merupakan tsunami terluas yang membuat 15 negara terdampak.
Tsunami yang disebabkan oleh gempa setara bom 100 gigaton itu diperkirakan menelan kerugian sebesar US$10 miliar dan menewaskan sekitar 230 ribu jiwa.

Baca Juga  Ini Tanda Anda Harus Mengganti Spons Cuci Piring

2. Pantai Pasifik Utara, Jepang (11 Maret 2011)

Tsunami 11 Maret 2001 di Pantai Pasifik Utara, Jepang, menjadi salah satu yang terbesar di dunia sekaligus trauma mendalam bagi masyarakat Negeri Sakura. Tsunami dahsyat yang melaju dengan kecepatan 800 km per jam dengan gelombang setinggi 10 meter ini menyapu pantai timur Jepang dan menewaskan lebih dari 18 ribu orang.

Tidak hanya 18 ribu korban jiwa, tsunami yang dipicu oleh gempa berkekuatan magnitudo 9,0 ini membuat 452 ribu warga mengungsi dan menimbulkan kerugian dengan kisaran sebesar US$235 miliar.

3. Lisbon, Portugal (1 November 1755)

Tsunami di Lisbon, Portugal yang menewaskan 60 ribu warga Portugal, Maroko, dan Spanyol ini berawal dari gempa berkekuatan magnitudo 8,5. Dilaporkan, gempa ini menghasilkan tiga gelombang besar dengan tinggi hingga 30 meter di sepanjang pantai barat Portugal dan Spanyol bagian selatan.

Baca Juga  9 Keindahan Wisata Alam Indonesia yang Masih Tersembunyi

4. Krakatau, Indonesia (27 Agustus 1883)

Peristiwa tsunami di Indonesia yang satu ini disebabkan oleh meletusnya Gunung Krakatau. Letusan gunung di Selat Sunda itu menghasilkan gelombang ganda setinggi 37 meter yang menghancurkan Anyer dan Merak, serta beberapa negara.

Peristiwa ini dilaporkan menewaskan total sekitar 40 ribu orang. Namun, sebanyak 2.000 kematian disebabkan letusan gunung berapi, bukan akibat tsunami.

5. Laut Enshunada, Jepang (20 September 1498)

Gempa bumi yang diperkirakan berkekuatan magnitudo 8,3 menyebabkan tsunami di sepanjang Pantai Kii, Mikawa, Surugu, Izu, dan Sagami. Ombaknya cukup kuat menewaskan sekitar 31 ribu orang.(*)

 

Editor : Nur Komalasari

 

 


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles