Senin, April 15, 2024

Lima Negara Ini Terkenal dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia, Mana Saja?

 

Indonesiadaily.net -Pendidikan menjadi faktor penting dalam perkembangan suatu negara. Inilah yang akhirnya akan menentukan pertumbuhan dan kemajuan suatu bangsa ke depan. Terkait itu, ada sejumlah negara yang sistem pendidikannya dikenal sangat baik loh. Berdasarkan data World Population Reviewpada tahun 2023, berikut 5 negara teratas dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada di posisi pertama sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Tak heran jika setiap tahunnya ada jutaan orang dari berbagai belahan dunia datang untuk belajar ke negara ini.

Amerika Serikat berada di posisi pertama sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Tak heran jika setiap tahunnya ada jutaan orang dari berbagai belahan dunia datang untuk belajar ke negara ini.

Selain sistem pendidikannya yang memang berkualitas tinggi, Amerika Serikat juga memiliki infrastruktur dan fasilitas mutakhir untuk mendukung proses pembelajaran

Setiap pelajar di negara ini pun tidak hanya sekadar belajar dengan sistem kelas melainkan akan mendapat banyak peluang lain. Mulai dari kursus, magang, pekerjaan paruh waktu, dan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga mereka bisa semakin memperkaya keterampilan dan memperbanyak pengalaman.

Baca Juga  Ini Dia Pilihan Jenis Pisang yang Baik Dikonsumsi Saat Diet

Tak heran jika akhirnya Amerika Serikat menjadi tempat lahirnya sejumlah universitas terkemuka di dunia, seperti Universitas Harvard, Universitas Pennsylvania, hingga Universitas Stanford

2. Britania Raya

Tak kalah dengan Amerika, Britania Raya juga memiliki reputasi pendidikan yang sangat baik. Terbukti, negara ini menjadi rumah bagi sederet universitas terbaik dunia seperti Universitas Cambridge hingga Universitas Oxford.

Pembelajaran di negara ini tidak hanya sekadar berfokus pada buku teks. Lebih dari itu, setiap pelajar mendapat kesempatan untuk mengikuti berbagai webinar, seminar, lokakarya, hingga konferensi untuk mendapat pengalaman belajar yang dinamis.

Kualitas pendidikan yang luar biasa membuat negara ini menjadi tujuan banyak orang untuk meningkatkan prospek kariernya. Terlebih lagi, Inggris menawarkan beragam kursus khusus yang dirancang sedemikian rupa untuk membantu pelajar agar bisa memenuhi syarat mendapat pekerjaan dan promosi bergaji tinggi.

3. Jerman

Jerman termasuk salah satu negara yang kian populer di kalangan pelajar internasional. Jutaan orang yang rela jauh-jauh belajar ke negara ini pun seakan menunjukkan reputasi pendidikannya yang memang tak main-main.

Baca Juga  Kompaknya Guru, Siswa, dan Orang Tua SDN Pengasinan 1 di Hari Guru

Jerman berfokus pada pendidikan praktis dan memiliki tingkat kelayakan kerja lulusan yang tinggi. Hal itu karena pelajar di negara ini sudah dibekali banyak hal untuk persiapan memasuki dunia kerja.

Kabar baiknya adalah Jerman termasuk negara yang menawarkan biaya sekolah rendah atau bahkan nol persen. Berdasarkan data Upgrad Abroad, sejak bulan Oktober 2014, Jerman telah menghapus biaya pendidikan untuk jenjang sarjana di seluruh universitas negeri, baik bagi pelajar lokal maupun internasional.

4. Kanada

Menurut US News and World Report, Kanada menduduki peringkat keempat negara terbaik di dunia untuk sistem pendidikannya. Uniknya, Kanada ternyata menyerahkan tanggung jawab pendidikan kepada tiap provinsi sehingga mengakibatkan adanya variasi dalam sistem pendidikan di berbagai wilayah.

Namun, hal itu tidak lantas membuat sistemnya menjadi berantakan karena negara ini sudah memiliki standar tertentu yang diterapkan secara nasional. Melansir dari Leap Scholar, sistem pendidikan di negara ini menekankan pendidikan menyeluruh yang mencakup mata pelajaran akademik dan non-akademik sekaligus mendorong pemikiran kritis dan keterlibatan masyarakat.

Hasil pendidikan ini terlihat salah satunya dari tingkat kelayakan kerja para lulusan di Kanada yang mencapai sebesar 61,80%. Hal itulah yang membuat banyak pelajar langsung berhasil mendapat peluang kerja saat masih menjalani studi maupun sesaat setelah menyelesaikan pendidikan.

Baca Juga  Berkaca Satu Keluarga Tewas di Magelang, Begini Ciri Minuman Beracun

5. Perancis

Tak hanya terkenal dengan kekayaan warisan budayanya, Perancis juga menjadi negara dengan sistem pendidikan yang berkualitas tinggi. Di negara ini, sistem pendidikan cukup kompleks dibandingkan negara lain karena fokusnya pada pemikiran kritis, kreativitas, dan inovasi.

Sekolah dan perguruan tinggi di Perancis pun membekali para pelajarnya dengan pendidikan menyeluruh yang menekankan keterampilan akademis dan praktis. Hal menarik adalah biaya pendidikan di negara ini kabarnya relatif lebih rendah. Pemerintah Perancis bahkan menawarkan berbagai beasiswa dan program bantuan keuangan untuk membantu pelajar internasional menutupi biaya sekolah dan biaya hidupnya.

Usai menempuh pendidikan, para pelajar juga akan mendapat banyak kesempatan kerja. Olehnya itu, tak perlu dipertanyakan lagi jika setiap tahunnya ada jutaan pelajar dari seluruh dunia yang sengaja mengunjungi Perancis untuk melanjutkan pendidikannya. (*)

 

Editor : Nur Komalasari


Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles